STRATEGI PELAYANAN KESEHATAN(STUDI EKSPLORATIF TENTANG STRATEGI PUSKESMAS BARENG KABUPATEN JOMBANG DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN KESEHATAN)

FATMA KUSNIAN, 070911052 (2013) STRATEGI PELAYANAN KESEHATAN(STUDI EKSPLORATIF TENTANG STRATEGI PUSKESMAS BARENG KABUPATEN JOMBANG DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN KESEHATAN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-kusnianfat-29712-7.abstr-k.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-kusnianfat-29712-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah realita bahwa semua instansi harus memiliki strategi dalam menjalankan organisasinya namun yang ada di lapangan menunjukkan bahwa kinerja pelayanan publik yang diberikan oleh aparatur kepada masyarakat belum berakar pada norma dan etika yang benar. Implikasi yang paling dirasakan oleh masyarakat adalah perilaku aparatur yang diskriminatif dan tidak efisien. Kesehatan merupakan salah satu faktor yang penting dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Melalui pembangunan di bidang kesehatan diharapkan akan semakin meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat dan pelayanan kesehatan dapat dirasakan oleh semua masyarakat secara memadai. Oleh karena itu, penelitian ini mencari jawaban atas pertanyaan, yakni : Apa Strategi yang digunakan Puskesmas Bareng Kabupaten Jombang dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan. Secara teoritis, permasalahan ini dijelaskan dengan menggunakan perspektif teori strategi oleh Kenichi Ohmae tentang strategi yang meliputi Metode strategi berdasarkan Key Factors for Success (KFS), Metode strategi berdasarkan keunggulan relative, Metode strategi berdasarkan inisiatif yang agresif, Metode strategi berdasarkan derajat kebebasan. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab masalah yang ada yaitu menggunakan tipe penelitian kualitatif eksploratif dengan menentukan informan kunci yang dilakukan melalui purposive dalam proses pengumpulan datanya. Data diambil dari sepuluh informan yang seluruhnya adalah petugas puskesmas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan di Puskesmas Bareng Kabupaten Jombang dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan adalah menggunakan metode strategi berdasarkan keunggulan relative dengan cara memiliki keunggulan di poli lansia yang membedakan dengan puskesmas yang lain yang sudah berjalan dengan baik terbukti dengan mendapatkan juara dan sebagai puskesmas percontohan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN. 08/14 Kus s
Uncontrolled Keywords: Strategy, Service, Quality
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FATMA KUSNIAN, 070911052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorJusuf Irianto, Jusuf IriantoUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 04 Feb 2014 12:00
Last Modified: 12 Aug 2016 03:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16218
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item