Pemahaman Pendidik Terhadap Pengajaran Membaca Anak Usia Dini(Studi Fenomenologi Tentang Peran Pendidik di Sekolah Internasional Apple Tree Preschool Surabaya)

Luthfi Estika Dhani, 070610326 (2013) Pemahaman Pendidik Terhadap Pengajaran Membaca Anak Usia Dini(Studi Fenomenologi Tentang Peran Pendidik di Sekolah Internasional Apple Tree Preschool Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-dhaniluthf-30043-6.abstr-k.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16307.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masa awal anak usia dini merupakan saat dimana otak memiliki daya serap yang amat tinggi layaknya spons. Periode emas tersebut kini mulai disadari oleh masyarakat karena anggapan bahwa pendidikan merupakan bekal kehidupan mereka nanti. Hal ini ditunjang dengan semakin bermunculannya sekolah bagi anak usia dini dimana-mana. Namun satu hal yang pasti dari tingginya kebutuhan tersebut diikuti dengan tingginya permintaan akan pendidik anak usia dini. Dimana kini semakin ditemui pendidik anak usia dini yang menghiraukan pentingnya sertifikasi. Pendidik dalam kaitannya akan pekerjaan yang dan ‘label’ yang melekat sebagai tokoh masyarakat, kini mulai semakin kabur. Amat berbeda dengan sosok pendidik yang telah melekat pada periode pengajaran dulu, dimana seorang pendidik adalah seorang yang amat dihormati dan menjadi panutan masyarakat. Peran pendidik pada akhirnya semakin meluas dengan berkembangnya mutu dan kualitas pendidikan saat ini. Disebutlah pendidik anak usia dini, sebuah pekerjaan dengan tingkat kesabaran yang amat tinggi, kreativitas, keberanian, keterampilan serta dedikasi akan pekerjaan yang menuntut mereka untuk terus meningkatkan kemampuan diri. Dengan beban pekerjaan sebagai pendidik tunas bangsa agar mereka dapat berkembang menjadi anak muda yang cerdas, bermoral dan berkualitas ditambah pendidik anak usia dini pasti akan menghadapi segala tingkah laku anak balita yang penuh dengan tangisan, jeritan, peluh dan sebagainya terutama ketika membaca menjadi hal yang krusial bagi anak usia dini. Dibutuhkan sebuah panggilan jiwa untuk dapat bersabar menghadapi semua itu. Secara realitas, anak muda sekarang mayoritas tidak akan tertarik dengan pekerjaan sebagai pendidik anak usia dini karena resiko karir dan lingkungan kerja serta kenyataan kerja yang harus dihadapi di lapangan amatlah tidak menarik bagi anak muda sekarang ini. Dan peran pendidik usia dini inilah yang menjadi sebuah fenomena yang menarik. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, seorang pendidik anak usia dini yang terdapat di Apple Tree Surabaya awalnya tidak menyukai dengan pekerjaan mereka namun konstruksi sosial yang terbentuk setelah berjalannya waktu, mereka menemukan esensi rasa dari pekerjaan yang mereka jalani. Mayoritas dari para pendidik tersebut mendapatkan bahwa menjadi pendidik adalah pekerjaan yang menakjubkan namun juga ada yang hanya membutuhkan pekerjaan tersebut seagai alat bantu ekonomi saja. Penelitian ini berdasar dari dua fase yaitu in order to motive dan because motive.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP. 26/14 Dha p
Uncontrolled Keywords: early childhood
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) > LB1049.9-1050.75 Reading (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Luthfi Estika Dhani, 070610326UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Susantari, Dra. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 26 Feb 2014 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 17:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16307
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item