DILEMA PEDAGANG SAYUR DAN BUAH DI PASAR INDUK PUSPA AGRO JAWA TIMUR

A. ANDRIYANTO WAHYU NUGROHO, 070810099 (2013) DILEMA PEDAGANG SAYUR DAN BUAH DI PASAR INDUK PUSPA AGRO JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-nugrohoaan-30110-7.abstr-k.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-nugrohoaan-30110-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Beberapa hasil penelitian menunjukkan berbagai aktivitas ekonomi perdagangan dan strategi rasional pedagang di pasar tradisional. Namun penelitian tentang aktivitas ekonomi perdagangan dan dilema yang dialami pedagang di pasar induk besar yang berstandar internasional belum banyak dilakukan. Untuk itu ini penelitian ini menarik dan penting dilakukan, khususnya faktor-faktor apa saja yang mendorong pedagang sayur dan buah memilih berdagang di Pasar Induk Puspa Agro yang besar dan berstandar internasional serta dilema yang dialami pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci faktor-faktor yang mendorong pedagang sayur dan buah memilih berdagang di pasar induk, aktivitas ekonomi perdagangan dan dilema yang dialami pedagang sayur dan buah. Manfaat penelitian ini untuk pengembangan wawasan akademik bidang studi Antropologi Ekologi dan Antropologi Ekonomi. Metode yang digunakan adalah etnografi yang menjelaskan data deskriptif kualitatif. Pengumpulan data kualitatf melalui observasi lingkungan fisik buatan pasar, aktivitas ekonomi dari pagi sampai malam dari pedagang sayur dan buah, transaksi jual-beli, tawar menawar harga, bongkar muat barang yang sedang berlangsung di pasar Induk Puspa Agro dan wawancara mendalam kepada informan pedagang sayur atau buah, pihak manajemen dengan pedoman wawancara selama 3 bulan. Ada 11 informan pedagang sayur atau buah, seorang informan dari manajemen yang dipilih secara purposive dan 3 orang pengunjung. Data kualitatif dianalisis secara kualitatif dengan teori dinamika adaptif dan moral ekonomi perdagangan. Hasil penelitian adalah; ada 5 (lima) faktor pendorong yang membuat pedagang memilih dan memutuskan untuk berdagang di Pasar Induk Puspa Agro, yaitu; pertama: sewa stan murah; kedua: kebersihan dan kenyamanan pasar; ketiga: peluang berdagang di pasar induk modern; keempat: manajemen yang teratur; kelima: suasana yang kompetitif. Namun ternyata keputusan memilih berdagang di Pasar Induk Puspa Agro yang merupakan lingkungan buatan ini pada tahun ketiga dianggap salah oleh pedagang sayur dan buah karena mereka sering mengalami kendala akses jalan menuju Pasar kurang layak dan fluktuasi pendapatan sehingga pedagang mengalami kerugian setahun terakhir. Dampaknya pedagang mengami 3 (tiga) dilema yaitu penentuan harga produk bagi penyuplai/petani sayur atau buah yang berasal desanya sendiri atau kerabatnya yang tinggal di kota lain, dilema dalam mengambil keputusan untuk bertahan atau keluar dulu/berhenti sementara berdagang di Pasar Puspa Agro, pilihan dan pengambilan keputusan berlanjutnya tidaknya pedagang sayur atau buah berjualan di Pasar Puspa Agro.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT. 22/14 Nug d
Uncontrolled Keywords: traders, merchants dilemma, artificial environment Puspa Agro Market
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6350-6940.7 Trade unions. Labor unions. Workers' associations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
A. ANDRIYANTO WAHYU NUGROHO, 070810099UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRetno Andriati, Dra., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 03 Mar 2014 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 07:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16331
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item