IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN APARATUR (Studi Deskriptif Tentang Implementasi Kebijakan Pengembangan Aparatur di Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur Melalui Diklat TOC)

IVANA KUSUMA WARDHANI, 070710445 (2011) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN APARATUR (Studi Deskriptif Tentang Implementasi Kebijakan Pengembangan Aparatur di Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur Melalui Diklat TOC). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-wardhaniiv-20254-fisan4-k.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-wardhaniiv-17004-fisan4-i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendidikan dan pelatihan (Diklat) merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari pegawai. Diklat merupakan salah satu upaya yang dilaksanakan dalam rangka mengembangkan kualitas dan kompetensi pegawai selaku aparatur negara. Mengingat pentingnya peranan diklat, maka dibentuklah lembaga yang khusus menangani penyelenggaraan diklat. Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur (Badan Diklat Jawa Timur) merupakan badan yang berperan dan bertanggung jawab untuk menyelenggarakan diklat di Jawa Timur. Sebagai aparatur Negara, pegawai Badan Diklat Jawa Timur juga perlu ditingkatkan kualitas dan kompetensinya melalui program diklat. Diklat yang diperuntukkan bagi penyelenggara diklat yaitu Training Officer Course / TOC. Dalam peranannya sebagai lembaga penyelenggara diklat, Badan Diklat Jawa Timur memiliki keunggulan dan prestasi dibandingkan badan diklat lain. Hal ini dibuktikan dengan diterimanya sertifikat ISO 9001-2008, serta akreditasi. Keunggulan dan prestasi Badan Diklat Jawa Timur ini tidak lepas dari kinerja para pegawai / aparatur diklatnya yang selalu ditingkatkan kualitasnya melalui program Dikat TOC, sehingga penyelenggaraan Diklat TOC untuk pegawai Badan Diklat Jatim menjadi inti dari penelitian ini. Untuk menggambarkan pelaksanaan Diklat TOC di Badan Diklat Jawa Timur, digunakan motode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam (indepth interview). Selain itu, pengumpulan data juga menggunakan teknik dokumentasi. Teknik penentuan informan, secara purposive yang selanjutnya berkembang dengan teknik snowball. Sedangkan teknik pemeriksaan data melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah Data yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa pelaksanaan Diklat TOC di Badan Diklat Jawa Timur sudah cukup optimal. Penilaian ini dibuat berdasarkan data yang diperoleh mengenai tahapan perencanaan, persiapan, penyelenggaraan hingga evaluasi yang kemudian diolah berdasarkan dengan pedoman penyelenggaraan Diklat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis AN 44 11 War i
Uncontrolled Keywords: EMPLOYEES-TRANING OF
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3440-3460 Civil service. Government officials and employees
Q Science > Q Science (General) > Q184-185 Instruments and Apparatus (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
IVANA KUSUMA WARDHANI, 070710445UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorJusuf Irianto, Prof. Dr. H., Drs., M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 18 Oct 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 04:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16680
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item