HUBUNGAN ATTRACTIVENESS CELEBRITY ENDORSER DALAM IKLAN ENDORSEMENT YAMAHA JUPITER MX VERSI "VALENTINO ROSSI & KOMENG" DENGAN PERCEIVED QUALITY AUDIENCE DI SURABAYA

NOVI MIRTANIA SUBIYAKTO, 070610290 (2009) HUBUNGAN ATTRACTIVENESS CELEBRITY ENDORSER DALAM IKLAN ENDORSEMENT YAMAHA JUPITER MX VERSI "VALENTINO ROSSI & KOMENG" DENGAN PERCEIVED QUALITY AUDIENCE DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2010-subiyakton-14353-fis,k,10-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-subiyakton-17130-abstrak-0.pdf

Download (560kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah tentang menggambarkan dan menjelaskan hubungan antara daya tarik endorser selebriti dalam sebuah iklan dengan persepsi atau kesan kualitas yang terbentuk dalam diri audiens terhadap produk tersebut. Fenomena yang akan dilihat adalah dimana saat ini perusahaan-perusahaan produk atau jasa melakukan serangan promosi untuk menarik perhatian konsumen terhadap produk atau jasa mereka. Strategi pemasaran yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan melakukan bauran promosi yang mampu memberikan informasi kepada konsumen yaitu salah satunya adalah dengan beriklan. Perusahaan harus memiliki cara kreatif dalam beriklan agar dapat menarik perhatian konsumen dan menciptakan preferensi terhadap merek. Salah satu cara kreatif dalam beriklan adalah dengan menggunakan endorser. Salah satu iklan yang menggunakan selebriti endorser adalah iklan sepeda motor Yamaha Jupiter MX 135cc, dimana iklan ini menggunakan Valentino Rossi sebagai endorser-nya. Fenomena dikaitkannya bergabungnya Rossi ke tim Yamaha dengan persepsi kualitas oleh para konsumen sepeda motor, dapat disimpulkan terdapat hubungan antara kepindahan Rossi ke tim Yamaha dengan persepsi kualitas produk merek Yamaha. Berdasarkan fenomena ini peneliti ingin mengetahui hubungan antara Rossi sebagai endorser iklan dengan persepsi kualitas yang terbentuk dalam diri audiens dengan atribut endorser selebriti Rossi berupa attractiveness (daya tarik). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-korelasional yang akan mencari dan menjelaskan hubungan antara dua variabel (bivariat) yaitu variabel bebas (attractiveness endorser) dan variabel tergantung (perceived quality). Hasil penelitian ini akan memberikan data tentang hubungan antara attractiveness (daya tarik) selebriti endorser dalam iklan endorsement Yamaha Jupiter MX versi Valentino Rossi-Komeng dengan perceived quality (persepsi kualitas) audiens terhadap produk dalam iklan yaitu motor Jupiter MX. Dan dapat memberikan masukan terhadap perusahaan dalam pemilihan endorser dalam iklan-iklan Yamaha selanjutnya atau iklan produk lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.104/10 Sub h
Uncontrolled Keywords: CELEBRITY; ADVERTISING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
NOVI MIRTANIA SUBIYAKTO, 070610290UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYan Yan Cahyana, Drs. MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 02 Jul 1905 12:00
Last Modified: 31 Oct 2016 21:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17041
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item