REPRESENTASI PRIA HOMOSEKSUAL ‘COMING OUT’ DALAM FILM SERIAL ‘QUEER AS FOLK’

SYLVIA, 070316930 (2009) REPRESENTASI PRIA HOMOSEKSUAL ‘COMING OUT’ DALAM FILM SERIAL ‘QUEER AS FOLK’. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2008-sylvia-18565-abstrak-0.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2008-sylvia-15306-fis.k.27-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berangkat dari ketertarikan peneliti terhadap mulai berkembangnya keterbukaan homoseksual di media dan adanya film Queer as Folk. Film Queer as Folk merupakan sebuah film bertema homoseksual, dimana dua dari lima tokoh utama prianya adalah gay yang coming out, selama ini karakter homoseksual ditampilkan dalam media dengan parodi atau dari sisi hidup mereka yang ironi, lekat dengan penggambaran sosok mereka yang feminin. Namun, film ini menawarkan cerita tersendiri mengenai kehidupan pria gay yang memang ada dari mereka memiliki sifat feminin tapi juga ada yang memiliki sifat maskulin. Berdasarkan pengamatan tersebut maka dirumuskan penelitian, yaitu Bagaimana representasi seksualitas pria homoseksual coming out melalui penokohan “Brian” dan “Emmette” dalam film serial “Queer as Folk” pada season 1. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Representasi seksualitas pria homoseksual coming out melalui penokohan “Brian” dan “Emmette” dalam film serial “Queer as Folk”. Tinjauan pustaka yang dipakai dalam penelitian ini adalah Studi Seksualitas sebagai Isu Publik, Homoseksual sebagai Orientasi Seksual, Serial Televisi sebagai Media Wacana Homoseksual, Stereotype Reresentasi Homoseksual dalam Film dan Pendekatan Semiotika dalam Film Queer As Folk. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dan bertipe deskriptif. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode semiotik dengan memakai kerangka analisis Charles Sanders Pierce. Semiotik adalah tindakan, atau pengaruh, atau keterkaitan antara tiga subyek, yaitu tanda, obyek dan interpretant. Sehingga unit analisis pada penelitian ini adalah tanda (signs) yang berupa narasi dan visual yang berhubungan dengan karekter Brian dan Emmette dalam film Queer as Folk. Pengumpulan data dilakukan dengan data primer dan sekunder. Untuk teknik analisis dilakukan dengan memaknai signs yang tampak dalam film Queer as Folk melalui interpretasi yang didasarkan pada segitiga makna milik Pierce. Dari analisis dan interpretasi data diperoleh kesimpulan bahwa seksualitas pria homoseksual coming out melalui tokoh Brian dalam film Queer as Folk direpresentasikan sebagai pria homoseksual coming out yang memiliki sifat maskulin dan bangga pada seksualitasnya dan bahwa seksualitas pria homoseksual coming out melalui tokoh Emmette dalam film Queer as Folk direpresentasikan sebagai pria homoseksual coming out yang memiliki sifat feminin dan bangga pada seksualitasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB Fis K 27/10 Syl r
Uncontrolled Keywords: HOMOSEXUALITY IN MOTION PICTURE
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ75-76.8 Homosexuality. Lesbianism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
SYLVIA, 070316930UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIGAK Satrya Wibawa, S.Sos, MCAUNSPECIFIED
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 30 Jun 1905 12:00
Last Modified: 31 Oct 2016 21:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17101
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item