KINERJA ORGANISASI (Studi Deskriptif Tentang Kinerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Mojokerto dalam Pengelolaan Sampah)

Retno Yunita Siswandani, 070517956 (2010) KINERJA ORGANISASI (Studi Deskriptif Tentang Kinerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Mojokerto dalam Pengelolaan Sampah). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-siswandani-16199-fisan6-k.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-siswandani-13604-fisan6-s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Munculnya berbagai permasalahan tentang sampah di beberapa daerah, menimbulkan keresahan berbagai pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. Hal ini membuat Dinas Kebersihan dan Pertamanan selaku instansi pemerintah yang bertanggung jawab atas masalah tersebut, harus lebih meningkatkan kinerjanya dalam mengelola sampah. Sehingga volum sampah dapat berkurang dan sampah tidak menimbulkan masalah. Sama halnya dengan apa yang terjadi di Kota Mojokerto, dimana masalah sampah seringkali masih meresahkan warga. Dengan latar belakang masalah tersebut, permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kinerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Mojokerto dalam pengelolaan sampah dan faktor-faktor sumber daya, struktur organisasi, dan partisipasi masyarakat yang mempengaruhi kinerjanya. Untuk menjawab permasalahan penelitian, digunakan motode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam (indepth interview). Selain itu, pengumpulan data juga menggunakan teknik dokumentasi. Teknik penentuan informan, secara purposive yang selanjutnya berkembang dengan teknik snowball. Sedangkan teknik pemeriksaan data melalui triangulasi sumber data dengan membandingkan data hasil wawancara, hasil pengamatan dan dokumen yang ada. Kemudian menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan data di lapangan menunjukkan bahwa kinerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Mojokerto dalam pengelolaan sampah selama ini sudah cukup baik tetapi belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari pendistribusian sumber daya yang efektif, serta pertanggungjawaban yang sudah cukup baik. Namun, untuk beberapa hal, kineja Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Mojokerto dinilai masih belum optimal. Seperti pengelolaan sampah yang belum sesuai Undang-undang. Kemudian kualitas kinerja yang baik namun belum optimal dan juga pelayanan kepada masyarakat yang masih kurang. Sedangkan terkait dengan beberapa faktor yang mempengaruhi kinerjanya antara lain faktor sumber daya, struktur organisasi, dan partisipasi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 66/10 Sis k
Uncontrolled Keywords: ORGANIZATIONAL CHANGE; PERFORMANCE STANDARDS
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM786-806 Organizational sociology. Organization theory
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Retno Yunita Siswandani, 070517956UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGitadi Tegas S, Drs. M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 14 Mar 2011 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 10:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17240
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item