OPINI PENONTON TERHADAP FUNGSI DAN PERAN TVRI STASIUN JAWA TIMUR SEBAGAI LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK

FISTIAN PRAJAYANTI, 070417151 (2008) OPINI PENONTON TERHADAP FUNGSI DAN PERAN TVRI STASIUN JAWA TIMUR SEBAGAI LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-prajayanti-9164-abstract-8.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17490.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini tentang penggambaran opini-opini yang muncul dari suatu publik organisasi atau perusahaan tertentu mengenai organisasi atau perusahaan. Adapun fokus penelitian adalah tentang opini penonton terhadap fungsi dan peran TVRI Stasiun Jawa Timur sebagai Lembaga Penyiaran Publik. Peneliti tertarik untuk meneliti opini penonton itu, karena adanya perubahan fungsi dan peran berdasarkan PP No. 11 Tahun 2005 dan PP No 13 Tahun 2005 bahwa TVRI harus berubah fungsi dan peran menjadi lembaga penyiaran publik yang didirikan oleh negara bersifat independen, netral, tidak komersial, dan berfungsi sebagai penyedia layanan informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat social serta melestarikan budaya bangsa bagi kepentingan seluruh lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan siaran televisi yang dapat menjangkau seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan adanya penelitian ini diharapkan diperoleh penilaian apakah TVRI Stasiun Jawa Timur telah melaksanakan fungsi dan perannya sebagai Lembaga Penyiaran Publik atau tidak oleh penonton TVRI Stasiun Jawa Timur. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan menggambarkan opini penonton terhadap fungsi dan peran TVRI Stasiun Jawa Timur sebagai Lembaga Penyiaran Publik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menyebarkan kuisioner sebagai teknik pengumpulan data. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan tabel frekuensi. Obyek dalam penelitian ini adalah semua penonton TVRI Stasiun Jawa Timur berusia 17 tahun ke atas dan berdomisili di Surabaya yang pernah menonton TVRI Stasiun Jawa Timur pasca perubahan status menjadi Lembaga Penyiaran Publik. Dengan adanya karakteristik tersebut, peneliti menggunakan purposive sampling dalam menentukan sampelnya. Melalui analisis dan interpretasi data, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar penonton TVRI Stasiun Jawa Timur cenderung memiliki opini positif terhadap fungsi dan peran TVRI Stasiun Jawa Timur pasca perubahan status menjadi Lembaga Penyiaran Publik. Namun, terdapat pula dalam jumlah yang signifikan penonton TVRI Stasiun Jawa Timur yang memiliki opini netral.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K.86/08 Pra o
Uncontrolled Keywords: PUBLIC OPINION; TELEVISION BROADCASTING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
FISTIAN PRAJAYANTI, 070417151UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSanti Isnaini, S.Sos., MMUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 06 Feb 2009 12:00
Last Modified: 02 Jul 2017 22:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17490
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item