ANALISIS ASPEK PEMBENTUK INTENSI PUSTAKAWAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MELAKUKAN KEGIATAN PENGELOLAAN KOLEKSI : Studi Deskriptif Tentang Sikap, Norma Subyektif, dan Kendali Perilaku Pustakawan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri dan Sekolah Menen

FARADILLA RYANDINI SAFITRI, 071116019 (2015) ANALISIS ASPEK PEMBENTUK INTENSI PUSTAKAWAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MELAKUKAN KEGIATAN PENGELOLAAN KOLEKSI : Studi Deskriptif Tentang Sikap, Norma Subyektif, dan Kendali Perilaku Pustakawan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri dan Sekolah Menen. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
Binder1safitrifar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-safitrifar-36575-7.abstr-k.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber belajar yang dimiliki oleh sebuah sekolah dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah. Fungsi perpustakaan sebagai sumber belajar seharusnya didukung dengan performa perpustakaan yang baik. Namun, pada kenyataannya masih banyak perpustakaan sekolah yang belum dikelola dengan benar, terutama pengelolaan koleksi. Hal tersebut telah menggambarkan bagaimana perilaku pustakawan dalam melakukan pengelolaan koleksi. Penelitian ini membahas tentang kekuatan aspek-aspek pembentuk intensi pustakawan dalam melakukan kegiatan pengelolaan koleksi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) di Kota Surabaya. Intensi merupakan salah satu prediktor mengenai perilaku yang ditampakkan oleh seseorang. Kekuatan pembentuk intensi yang dimiliki oleh seseorang dapat memperlhatkan bagaimana intensi yang seharsnya dimiliki yang mengarah pada suatu perilaku terterntu. Teori yang digunakan oleh peneliti ialah Teori Perilaku Terencana dari Icek Ajzen (1991) mengenai pembentukan perilaku seseorang yang didasarkan atas tiga aspek pembentuk intensi, antara lain sikap, norma subyektif, serta kendali perilaku yang dilakukan oleh seseorang. Kegiatan pengelolaan koleksi perpustakaan didasarkan pada diagram organisasi informasi yang diciptakan oleh FW.Lancaster, meliputi seleksi dan akuisisi, analisis subyek, pembuatan katalog koleksi, serta penjajaran koleksi di rak. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan menggunakan total sampling yang dilakukan pada 32 pustakawan. Metode yang digunakan ialah metode kuantitaif deskriptif. Berdasarkan data penelitian, kekuatan sikap tinggi yang dimiliki oleh pustakawan terdapat pada kegiatan seleksi dan akuisisi, pembuatan katalog koleksi dan penjajaran koleksi di rak. Sedangkan kegiatan analisis subyek memperoleh kekuatan sikap dengan kategori sedang oleh pustakawan. Aspek kedua ialah norma subyektif, kekuatan norma subyektif yang dimiliki oleh pustakawan termasuk pada kategori kekuatan yang tinggi pada empat kegiatan pengellaan koleksi tersebut. Hal serupa juga terjadi pada kekuatan kendali perilaku pustakawan termasuk pada kategori kekuatan tinggi dalam keempat kegiatan pengelolaan koleksi tersebut. Selanjutnya, kekuatan intensi pustakawan yang termasuk pada kategori tinggi terdapat pada kegiatan seleksi dan akuisisi, pembuatan katalog koleksi, dan penjajaran koleksi. Kekuatan intensi terbesar dimiliki oleh pustakawan pada kegiatan seleksi dan akuisisi, sedangkan kekuatan intensi paling rendah dengan kategori kekuatan sedang dimiliki oleh pustakawan pada kegiatan analisis subyek. Translation: The school library is a learning resource that is owned by a school to support the learning process in school. A functioning library as a learning resource should be supported by a good performance library. However, in reality there are many school libraries are not managed properly, especially the management of collections. It has been described by the behavior of librarians in managing collections. This study discusses the power of forming the intentions aspects of librarians in collection management activities at the National High School (SMA) and Vocational School (SMK) in Surabaya. Intention is one of the predictors of behavior displayed by someone. Strength-forming intentions of a person can showing how intentions are owned which leads to a behavior. The theory used by researchers is the Theory of Planned Behavior Icek Ajzen (1991) on the formation of a person's behavior is based on three aspects of forming intentions, among others, attitude, subjective norm, and control behavior committed by someone. Library collection management activities are based on the organization chart created by FW.Lancaster information, including the selection and acquisition, analysis of the subject, cataloging collections, as well as the juxtaposition collection on the shelves. The sampling technique using non-probability sampling by using the total of sampling conducted on 32 librarians. The method used is descriptive quantitative method. Based on research data, high-strength attitude held by librarians are on the selection and acquisition, cataloging the collection and juxtaposition collection on the shelves. While the subject of analysis activities gained strength attitude with category by librarians. The second aspect is the subjective norm, subjective norm strength possessed by the librarian included in the category of high strength at the four managing collection activities. It is also common in the power control of the behavior of librarians included in the category of high strength in all four of the collection management activities. Furthermore, the power of intention librarians are included in the high category contained in the selection and acquisition, cataloging the collection, and the juxtaposition of the collection. The strength of the biggest intention is owned by librarians in the selection and acquisition activity, while the lowest intentions strength with strength category is being held by librarians on the subject analysis activities.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP. 19/15 Saf a
Uncontrolled Keywords: SCHOOL LIBRARIANS; COLLECTION MANAGEMENT (LIBRARIES)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FARADILLA RYANDINI SAFITRI, 071116019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTri Susantari, Dra.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 17 Mar 2015 12:00
Last Modified: 03 Oct 2016 02:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17663
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item