Analisis Aspek Pembentuk Intensi Pustakawan Perpustakaan Sekolah Dalam Melakukan Kegiatan Pengelolaan Koleksi: Studi Deskriptif Tentang Sikap, Norma Subyektif, dan Kendali Perilaku Pustakawan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri dan Sekolah Menen

Faradilla Ryandini Safitri (2015) Analisis Aspek Pembentuk Intensi Pustakawan Perpustakaan Sekolah Dalam Melakukan Kegiatan Pengelolaan Koleksi: Studi Deskriptif Tentang Sikap, Norma Subyektif, dan Kendali Perilaku Pustakawan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri dan Sekolah Menen. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (214kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB II GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN)
5. BAB II GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2023.

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III TEMUAN DATA)
6. BAB III TEMUAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2023.

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV ANALISA DATA)
7. BAB IV ANALISA DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2023.

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
8. PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2023.

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2023.

Download (623kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber belajar yang dimiliki oleh sebuah sekolah dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah. Fungsi perpustakaan sebagai sumber belajar seharusnya didukung dengan performa perpustakaan yang baik. Namun, pada kenyataannya masih banyak perpustakaan sekolah yang belum dikelola dengan benar, terutama pengelolaan koleksi. Hal tersebut telah menggambarkan bagaimana perilaku pustakawan dalam melakukan pengelolaan koleksi. Penelitian ini membahas tentang kekuatan aspek-aspek pembentuk intensi pustakawan dalam melakukan kegiatan pengelolaan koleksi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) di Kota Surabaya. Intensi merupakan salah satu prediktor mengenai perilaku yang ditampakkan oleh seseorang. Kekuatan pembentuk intensi yang dimiliki oleh seseorang dapat memperlhatkan bagaimana intensi yang seharsnya dimiliki yang mengarah pada suatu perilaku terterntu. Teori yang digunakan oleh peneliti ialah Teori Perilaku Terencana dari Icek Ajzen (1991) mengenai pembentukan perilaku seseorang yang didasarkan atas tiga aspek pembentuk intensi, antara lain sikap, norma subyektif, serta kendali perilaku yang dilakukan oleh seseorang. Kegiatan pengelolaan koleksi perpustakaan didasarkan pada diagram organisasi informasi yang diciptakan oleh FW.Lancaster, meliputi seleksi dan akuisisi, analisis subyek, pembuatan katalog koleksi, serta penjajaran koleksi di rak. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan menggunakan total sampling yang dilakukan pada 32 pustakawan. Metode yang digunakan ialah metode kuantitaif deskriptif. Berdasarkan data penelitian, kekuatan sikap tinggi yang dimiliki oleh pustakawan terdapat pada kegiatan seleksi dan akuisisi, pembuatan katalog koleksi dan penjajaran koleksi di rak. Sedangkan kegiatan analisis subyek memperoleh kekuatan sikap dengan kategori sedang oleh pustakawan. Aspek kedua ialah norma subyektif, kekuatan norma subyektif yang dimiliki oleh pustakawan termasuk pada kategori kekuatan yang tinggi pada empat kegiatan pengellaan koleksi tersebut. Hal serupa juga terjadi pada kekuatan kendali perilaku pustakawan termasuk pada kategori kekuatan tinggi dalam keempat kegiatan pengelolaan koleksi tersebut. Selanjutnya, kekuatan intensi pustakawan yang termasuk pada kategori tinggi terdapat pada kegiatan seleksi dan akuisisi, pembuatan katalog koleksi, dan penjajaran koleksi. Kekuatan intensi terbesar dimiliki oleh pustakawan pada kegiatan seleksi dan akuisisi, sedangkan kekuatan intensi paling rendah dengan kategori kekuatan sedang dimiliki oleh pustakawan pada kegiatan analisis subyek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP. 19/15 Saf a
Uncontrolled Keywords: SCHOOL LIBRARIANS; COLLECTION MANAGEMENT (LIBRARIES)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Faradilla Ryandini SafitriNIM071116019
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri SusantariNIDN-
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 17 Mar 2015 12:00
Last Modified: 16 Mar 2020 06:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17663
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item