SENSE OF COMMUNITY PADA KOMUNITAS EX-BANK DUTA SURABAYA: Studi Deskriptif Mengenai Tingkat Sense of Community pada Komunitas Ex-Bank Duta Surabaya berdasarkan Intensitas Penggunaan Internet

AJENG BAYYINATUL IRODAH, 071116047 (2015) SENSE OF COMMUNITY PADA KOMUNITAS EX-BANK DUTA SURABAYA: Studi Deskriptif Mengenai Tingkat Sense of Community pada Komunitas Ex-Bank Duta Surabaya berdasarkan Intensitas Penggunaan Internet. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
Binder1irodahajen.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-irodahajen-38177-7.abstr-k.pdf

Download (179kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sense of community merupakan bagian yang berperan penting, setiap anggotanya harus memiliki sense of community agar komunitasnya tetap bertahan dan hubungan yang berjalan semakin kuat. Komunitas merupakan kumpulan dari beberapa orang yang membentuk suatu kelompok dengan tujuan yang sama. Perkembangan teknologi informasi menyebabkan hubungan dunia menjadi tanpa batas dan memicu terjadinya perubahan hubungan antar individu. Dalam hal ini internet tidak membatasi usia para penggunanya. Penelitian yang dilakukan di Australia, yang menunjukkan penggunaan internet dapat digunakan sebagai prediktor sense of community pada orang usia lanjut. Internet sebagai teknologi sosial yang dapat menciptakan sebuah hubungan. Penelitian tersebut membuktikan adanya hubungan antara penggunaan internet dan rasa kebersamaan dalam komunitas dimana tingginya penggunaan internet juga dapat meningkatkan rasa komunitas pada orang usia lanjut (Shum, Shima : 2008). Penelitian ini membahas mengenai tingkat sense of community jika ditinjau dari intensitas penggunaan internet pada sebuah komunitas. Sense of community memiliki 4 elemen yang digunakan untuk memperoleh ukuran tingkat sense of community dalam sebuah komunitas diantaranya yaitu membership, influence, integration & fulfillment of needs, shared emotional connection. Sedangkan intensitas penggunaan internet dapat dilihat dengan mengamati frekuensi internet yang sering digunakan dan lama menggunakan tiap kali mengakses internet yang dilakukan oleh pengguna internet.Data mengenai sense of community diperoleh melalui alat ukur yaitu Sense of Communty Index 2 (SCI-2). Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat sense of community pada komunitas Ex-Bank Duta Surabaya dan keterkaitan sense of community dengan intensitas penggunaan internet. Metode yang digunakan ialah metode kuantitaif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yang dilakukan pada 30 anggota komunitas Ex-Bank Duta Surabaya. Sampel dalam penelitian ini ialah anggota komunitas Ex-Bank Duta Surabaya yang merupakan pengguna aktif media sosial dalam komunitas Ex-Bank Duta secara online. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diketahui bahwa tingkat sense of community pada komunitas Ex-Bank Duta Surabaya tergolong sedang dalam kategori yang cukup baik, hal tersebut dibuktikan dengan perolehan elemen-elemen yang membangun sense of community. Dalam tahap intensitas penggunaan internet, para anggota komunitas tergolong pada ciri-ciri pengguna internet yang addicted yaitu heavy users dengan intensitas penggunaan internet lebih dari 40 jam kerja/bulan. Translation: Sense of community is a part that is important, each member should have a sense of community so that the community survive and relationships that are running stronger. Community is a collection of some of the people who form a group with the same goal. Developments in information technology led to the relationship's become borderless and trigger a change in the relationship between individuals. In this case the age limit is not internet users. Research conducted in Australia, which demonstrates the use of the Internet can be used as predictors of sense of community in the elderly. Internet as a social technology that can create a relationship. The study proved the relationship between internet use and a sense of togetherness in the community where the high use of the Internet also can increase a sense of community in the elderly (Shum, Shima: 2008). This study discusses the sense of community level if the terms of the intensity of Internet use in a community. Sense of community has four elements used to obtain a measure of the sense of community within a community among which membership, influence, integration and fulfillment of needs, a shared emotional connection. While the intensity of the use of the Internet can be seen by observing the frequency of internet frequently used and long use each time you access the Internet performed by users internet.Data about the sense of community that is obtained through the measuring instrument 2 Sense of Communty Index (SCI-2). This study aims to measure the level of sense of community in the community Ex- Bank Duta Surabaya and sense of community linkages with the intensity of Internet usage. The method used is descriptive quantitative method. The sampling technique using total sampling conducted at 30 community members Ex-Bank Duta Surabaya. The sample in this study is that community members Ex-Bank Duta Surabaya who are active users of social media in the community of Ex-Bank Duta online. Based on the data obtained can be seen that the level of sense of community in the community Ex-Bank Duta Surabaya is classified in the category of fairly well, it is evidenced by the acquisition of elements that build the sense of community. In this stage of the intensity of use of the internet, community members belong to the characteristics of the Internet users are heavy users addicted to the intensity of use of the internet more than 40 hours / month.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP. 40/15 Iro s
Uncontrolled Keywords: COMMUNITIES
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
AJENG BAYYINATUL IRODAH, 071116047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Gunarti, Dra.,M.I.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 03 Sep 2015 12:00
Last Modified: 03 Oct 2016 03:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17694
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item