KIAI, SANTRI, dan PILGUB JATIM 2008 ( Studi Diskriptif Afiliasi Politik Kiai dan Santri di Komplek Pesantren Sidoresmo Dalam, Kec. Wonokromo Surabaya)

Nely Rusdiana, 070417206 (2008) KIAI, SANTRI, dan PILGUB JATIM 2008 ( Studi Diskriptif Afiliasi Politik Kiai dan Santri di Komplek Pesantren Sidoresmo Dalam, Kec. Wonokromo Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-rusdianane-9386-fisp30-k.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-rusdianane-9091-fisp30-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pesantren dengan unsur kiai dan Santri yang dimilikinya merupakan media yang oleh sebagian besar kalangan sangat diperhitungkan karena dianggap dapat menyerap dukungan bagi kekuatan politik tertentu, baik itu individu maupun kelompok politik. Pesantren dapat terus berubah di tengah modernisasi seperti sekarang ini. Pemimpin sebuah pesantren biasanya adalah seorang kiai yang menjadi panutan bagi para. santri an pengikutnya dalam setiap dimensi kehidupan. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, ketaatan dalam dimensi politik kiranya patut untuk dipertanyakan. Penelitian ini berangkat dari sebuah mitos bahwa "afiliasi politik seorang kiai biasanya dengan serta merta diikuti oleh santrinya". Kiai dapat menjadi magnit bagi komunitas yang mengelilinginya (pesantren dan para pengikutnya). Namun jika melihat realitas kehidupan yang terus berubah mengikuti zaman, maka bukan yang mustahil jika perpecahan antara afiliasi politik kiai dan Santri dapat terjadi. Sebagai penelitian yang bersifat deskriptif, maka penelitian ini mencoba mengungkap bagaimana gambaran afiliasi politik kiai dan Santri pada Pilgub jatim 2008. Penelitian ini tepatnya dilakukan di komplek pesantren Sidoresmo Dalam (Ndresmo), Kec. Wonokromo Surabaya. Dasar pertimbangan pemilihan pesantren ini sebagai obyek penelitian adalah pertama karena komplek pesantren dekat dengan tempat tinggal penulis; kedua karena penulis sejak kali pertama tinggal di kota Surabaya Kiai, Santri, dan Pilgub Jatim 2008 merasa sangat tertarik dengan komunitas Mas-Mas yang ada di Ndresmo yang terkesan sangat eksklusif; dan ketiga karena pesantren Ndresmo sering mendapatkan bantuan dari calon-calon gubernur yang maju pada Pilgub Jatim 2008. Dari data yang diperoleh di lapangan dapat digambarkan bahwa di pesantren Ndresmo, kiai dan santri ternyata telah memiliki afiliasi politik pada pasangan calon tertentu pada Pilgub Jatim 2008 dengan berbagai alasan yang beragam. Selain itu juga telah terjadi fragmentasi afiliasi politik kiai dan santri. Adapun penyebab terjadinya fragmentasi ini adalah karena pengetahun politik santri yang cukup memadai, santri sangat memahami watak kiai, dan semakin terbukanya akses media informasi dan terjalinnya interaksi sosial santri dengan lingkungan di luar pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P 30/08 Rus k
Uncontrolled Keywords: ISLAM AND POLITICS; GOVERNORS � ELECTIONS
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3289-3367 Organs of government > K3290-3304 The people. Election law
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Nely Rusdiana, 070417206UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHaryadi, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 17 Feb 2009 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 20:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17992
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item