HUBUNGAN KREDIBILITAS COMMON PEOPLE ENDORSER DALAM IKLAN TESTIMONIAL DOVE ANTI-DANDRUFF SHAMPOO DENGAN MINAT AUDIENCE UNTUK MEMBELI

LARA DOHRI RAMADIANI, 070417233 (2008) HUBUNGAN KREDIBILITAS COMMON PEOPLE ENDORSER DALAM IKLAN TESTIMONIAL DOVE ANTI-DANDRUFF SHAMPOO DENGAN MINAT AUDIENCE UNTUK MEMBELI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-ramadianil-9275-fisk38-k.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-ramadianil-9185-fisk38-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberadaan iklan makin marak di media mulai menimbulkan kejenuhan bagi konsumen. Akibatnya, banyak audience mulai menunjukkan sikap skeptic terhadap tayangan Iklan satu cara ang dapat dilakukan agar audience mau memperhatikan dan menerima pesan iklan disampaikan adalah dengan menampilkan endorser atau bintang iklan dengan gaya penyampaian yang berbeda, misalnya dengan gaya testimonial. Dalam iklan testimonial, kredibilitas endorser adalah salah satu aspek penting yang dapat mempengaruhi minat audience dalam membeli produk yang diiklankan. Kredibilitas endorser memiliki peran penting dalam iklan , yakni sebagai atribut yang menuntun audience sampai ke tahap conviction (yakin) akan produk yang diiklankan dan mendorong minat membeli. Komunikasi antara merek dengan konsumen yang dibangun dalam melalui iklan memerlukan kredibilitas komunikator untuk menciptakan feed back audience yang diinginkan oleh pembuat iklan. Sesuai dengan Hierarchy of Effects Model dengan alur kognitif afektif—behavioral, iklan dengan komunikator dengan kredibilitas tinggi akan dapat mempengaruhi minat audience untuk membeli. Penelitian ini meneliti tentang hubungan antara kredibilitas common people endorser dalam iklan testimonial Dove Anti-dandruff Shampoo dengan minat audience untuk membeli produk tersebut. kredibilitas endorser diukur pads atribut expertise (XI) dan trustworthyness (X2), sedangkan variabel Y dalam penelitian ini adalah minat audience untuk membeli. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif, yaitu studi korelasi yang bertujuan untuk mencari hubungan antara variabel X dan variabel Y melalui pengujian hipotesis. Sample penelitian ini adalah audience yang berusia antara 18 -60 tahun yang pernah menyaksikan Man Dove Anti-dandruff Shampoo di televisi dan pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling. Hasil analisis hubungan menunjukkan bahwa variabel X: (kredibilitas endorser) dengan subvariabel Xl.l: Knowledge (pengetahuan), variabel 1.3: Expertise (keahlian), variabel 2.1: Believeable (kemampuan untuk dipercaya) dan variabel X2.3: Ethical (etika) memiliki hubungan dengan variabel Y: (minat untuk membeli) dan dua dari enam subvariabel terbukti tidak memiliki hubungan dengan variabel Y: (minat untuk membeli). Yakni subvariabel X1.2: experience (pengalaman) dan X2. 3: honest (kejujuran) endorser tidak memiliki hubungan dengan minat audience untuk membeli produk. Hal ini dikarenakan pengalaman menggunakan sebuah produk merupakan hal yang tidak bisa dibuktikan secara gamblang dalam iklan sehingga audience memiliki kepercayaan yang rendah terhadap pengalaman endorser dalam menggunakan produk Dove Anti-dandruff Shampoo dan kejujuran adalah bentuk abstrak yang tidak bisa dinilai dan dirasakan oleh audience, sehingga jujur tidaknya seorang komunikator tidak akan pernah diketahui oleh audience.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 38_/08 Ram h
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Creators:
CreatorsEmail
LARA DOHRI RAMADIANI, 070417233UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSanti Isnaini, S.Sos., MMUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 20 Feb 2009 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 22:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18015
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item