PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KUALITAS BUKU TEKS PERPUSTKAAN (STUDI DESKRIPTIF PERSEPSI MAHASISWA UNAIR TEHADAP KUALITAS BUKU TEKS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA)

Chalimatus Shakdiah, 070417458 (2009) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KUALITAS BUKU TEKS PERPUSTKAAN (STUDI DESKRIPTIF PERSEPSI MAHASISWA UNAIR TEHADAP KUALITAS BUKU TEKS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-shakdiahch-13430-fisiip-k.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-shakdiahch-11602-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Koleksi adalah salah satu bentuk produk yang ditawarkan oleh perpustakaan kepada penggunanya. Koleksi menjadi penting karena koleksi merupakan modal utama dan dasar dari kegiatan pelayanan perpustakaan. Sehinggga pengelola perpustakaan dituntut memperhatikan kualitas koleksinya. Tanpa memperhatikan koleksinya, cepat atau lambat perpustakaan akan ditinggalkan oleh pengguna karena koleksi yang tersedia tidak dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Keberadaan koleksi adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pengguna dalam memanfaatkan perpustakaan guna menelusur dan menemukan informasi yang dibutuhkannya. Koleksi menjadi sorotan pengguna perpustakaan di perguruan tinggi karena para mahasiswa mengeluh bahwa koleksi perpustakaan kurang sesuai dengan kebutuhannnya atau koleksinya merupakan terbitan lama (out of date). Mahasiswa sebagai salah satu pengguna perpustakaan memiliki peran aktif dalam memberikan persepsi/penilaian tentang kualitas koleksi perpustakaan karena mahasiswa merupakan pengguna yang aktif mengunjungi dan menggunakan perpustakaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap kualitas koleksi perpustakaan dalam hal ini buku-buku teks. Penelitian in menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survey. Dalam analisisnya, penelitian ini menggunakan 7 aspek kualitas buku yaitu keakuratan informasi buku, keseimbangan dan kelengkapan buku, opini dan fakta pengarang, kemutakhiran informasi, gaya penulisan dan pengulasan subyek, cerminan nilai-nilai budaya asal buku, dan ciri fisik buku. Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap aspek keseimbangan buku adalah negatif sedangkan kelengkapan buku adalah positif. Aspek opini dan fakta pengarang, gaya penulisan dan pengulasan subyek cerminan nilai-nilai budaya asal buku, dan ciri fisik buku adalah positif (baik). Sedangkan persepsi mahasiswa terhadap aspek keakuratan informasi buku dan kemutakhiran informasi buku adalah negatif (kurang baik)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP 15/10 Sha p
Uncontrolled Keywords: persepsi, kualitas buku teks perpustakaan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309-499 Consciousness, Cognition, Perception, Intuition
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Chalimatus Shakdiah, 070417458UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Gunarti, DraUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 28 Sep 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 06:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18244
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item