CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT DJARUM (Studi Kasus tentang Strategi Public Relations PT Djarum dalam Program Corporate Social Responsibility (CSR) Djarum Bakti Lingkungan)

OKKI RIANAYU ANJANI, 070517907 (2009) CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT DJARUM (Studi Kasus tentang Strategi Public Relations PT Djarum dalam Program Corporate Social Responsibility (CSR) Djarum Bakti Lingkungan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-rianayuanj-13624-fisk.1-c.pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
gdlhub-gdl-s1-2010-rianayuanj-11888-fisk11-c.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan perwujudan tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. Penerapan CSR saat ini berkembang pesat termasuk di Indonesia, sebagai respon dunia usaha yang melihat aspek lingkungan dan sosial sebagai peluang untuk meningkatkan daya saing serta sebagai bagian dari pengelolaan resiko, menuju sustainability (keberlanjutan) dari kegiatan usahanya. Perusahaan rokok nasional yang menghasilkan produk kontoversial, juga mempunyai komitmen untuk berkontribusi dalam CSR. Sebagai salah satu perusahaan rokok di Indonesia, PT Djarum telah melaksanakan program CSR di bidang pelestarian lingkungan, yaitu Djarum Bakti Lingkungan sejak tahun 1977. Sama dengan produk yang dihasilkan, CSR yang dilakukan PT Djarum menuai banyak pro dan kontra, namun kegiatan Djarum Bakti Lingkungan tetap berlanjut. Selama lebih dari 30 tahun CSR Djarum Bakti Lingkungan, telah banyak menghasilkan program. Hal ini tentu saja tak bisa lepas dari peran public relations PT Djarum dalam membina hubungan baik dengan publiknya. Melalui program Djarum Bakti Lingkungan, terbentuklah citra yang baik bagi PT Djarum. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja program CSR Djarum Bakti Lingkungan PT Djarum, dan bagaimana strategi public relations PT Djarum dalam program CSR Djarum Bakti Lingkungan. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan studi kasus. Tipe penelitian deskriptif serta teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil program CSR Djarum Bakti Lingkungan memiliki banyak program yang ditujukan untuk semua publik PT Djarum. Pelaksanaan CSR Djarum Bakti Lingkungan di pengaruhi oleh idealisme sang pemilik yang tidak ingin kegiatan CSR-nya dikomunikasikan kepada publik. Pada tahun 2000 PT Djarum baru benar-benar memasukkan fungsi public relations pada struktur organisasinya. Sehingga strategi public relations PT Djarum dalam program CSR Djarum Bakti Lingkungan baru bisa di analisis pada tahun 2000 hingga sekarang. Program Djarum Bakti Lingkungan dilaksanakan oleh public relations PT Djarum, yaitu Departemen Corporate Affairs and Communication. Public relations PT Djarum menerapkan strategi IOI atau Input, Output dan Impact. Input adalah tahapan pengidentifikasian masalah, output adalah tahapan perencanaan dan aksi komunikasi, sedangkan impact adalah hasil yang diperoleh public relations PT Djarumsetelah melakukan tahapan evaluasi CSR Djarum Bakti Lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 11/10 Anj a
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Public Relations, Strategi Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
OKKI RIANAYU ANJANI, 070517907UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLiestianingsih Dwi D, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 30 Nov 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 06:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18255
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item