PENGARUH MEDITASI TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS NYERI PADA KLIEN KANKER PAYUDARA STADIUM AKHIR DI POLI ONKOLOGI RSU Dr. SOETOMO SURABAYA : PENELITIAN QUASY-EXPERIMENTAL

Ika Larasati S., 010210400 B (2006) PENGARUH MEDITASI TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS NYERI PADA KLIEN KANKER PAYUDARA STADIUM AKHIR DI POLI ONKOLOGI RSU Dr. SOETOMO SURABAYA : PENELITIAN QUASY-EXPERIMENTAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
98. Abstrak IK 32-06 Ika p.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-ikalarasat-2406-ik3206-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh meditasi terhadap penurunan intensitas nyeri pada klien kanker payudara di Poli Onkologi RSU Dr. Soetomo Surabaya meliputi : Klien kanker payudara stadium akhir yang dilakukan meditasi mengalami penurunan intensitas nyeri dari nyeri sedang menjadi nyeri ringan dan tidak nyeri, dan nyeri ringan menjadi tidak nyeri. Karena meditasi menekan stres yang terjadi pada klien dan menurunkan hormon-hormon stres sehingga terjadi penurunan ketegangan otot yang ditandai dengan penurunan intensitas nyeri. Saran 1. Perawat dan tenaga medis lain di Poli Onkologi RSU Dr. Soetomo diharapkan untuk melakukan sosialisasi dan melaksanakan meditasi kepada klien kanker payudara yang mengalami nyeri ringan dan sedang untuk membantu agar dapat menurunkan nyeri yang dialami. 2. Pada penelitian lebih lanjut diharapkan agar melakukan penelitian tentang pengaruh meditasi terhadap penurunan intensitas nyeri dengan jumlah responden yang lebih banyak dan waktu penelitian yang lebih lama agar dapat digeneralisasikan. 3. Dukungan berupa sarana dan prasarana, juga waktu pelaksanaan meditasi dari pihak RSU Dr. Soetomo sangat diperlukan agar dapat melangsungkan meditasi sebagai penatalaksanaan nyeri ringan dan nyeri sedang pada poliklinik tersebut. 4. Perlu penelitian lebih lanjut mengenai modifikasi meditasi dengan terapi analgesik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK IK 32/06 Ika p
Uncontrolled Keywords: meditasi, nyeri, kanker payudara
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
Ika Larasati S., 010210400 BUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKusnanto, SKp., MKesUNSPECIFIED
ContributorPurwaningsih, S.Kp., MARSUNSPECIFIED
ContributorIra Suarilah, S.KpUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 05 Oct 2006 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 21:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18865
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item