NIAT PECANDU NARKOBA UNTUK MENGIKUTI KELOMPOK DUKUNGAN SEBAGAI PEMULIHAN KETERGANTUNGAN NARKOBA

ANGGI ARLIJANTI, 100411450 (2008) NIAT PECANDU NARKOBA UNTUK MENGIKUTI KELOMPOK DUKUNGAN SEBAGAI PEMULIHAN KETERGANTUNGAN NARKOBA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Anggi Arlinjanti.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-arlijantia-10532-fkm1809.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Data Nasional dari BNN menunjukkan permasalahan penyalahgunaan Narkoba yang semakin meningkat. Surabaya sendiri merupakan kota dengan angka pengguna Narkoba tertinggi di Jawa timur dengan estimasi jumlah pengguna Narkoba sebanyak 21.150 orang. Kenaikan angka tersebut berbanding lurus dengan peningkatan angka pecandu Narkoba dan peningkatan permasalahan adiksi terhadap Narkoba. Kenaikan angka tersebut tidak diimbangi dengan adanya pemulihan terhadap ketergantungan Narkoba, dan bahkan banyak tempat rehabilitasi atau pemulihan tidak terjangkau semua lapisan masyarakat. Kelompok dukungan sebagai salah satu wadah pemulihan ketergantungan Narkoba merupakan salah satu solusi dari permasalahan ketergantungan Narkoba. Namun, di lapangan, hanya sedikit jumlah pecandu Narkoba yang mengikuti kelompok dukungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat pecandu Narkoba untuk mengikuti kelompok dukungan sebagai pemulihan terhadap ketergantungan Narkoba. Niat tersebut dapat diketahui melalui variabel sikap, norma subyektif, dan kontrol perilaku yang dihayati, yang kemudian niat mempengaruhi tindakan yang ditampilkan untuk mengikuti atau tidak kelompok dukungan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian sebanyak 7 orang. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi melalui catatan lapangan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan, dari ketiga variabel sikap, norma subyektif, dan kontrol perilaku yang dihayati, berbanding lurus dengan munculnya niat. Sebanyak 5 orang subyek penelitian memiliki niat positif yang ditunjukkan oleh sikap mendukung kegiatan kelompok dukungan, keyakinan untuk mengikuti norma subyektif pada referen, dan keyakinan yang kuat terhadap kontrol perilaku yang dihayati terhadap kegiatan kelompok dukungan, begitu pula sebaliknya dengan niat negatif yang muncul pada 2 orang subyek penelitian. Niat yang muncul juga berbanding lurus dengan tampilnya suatu tindakan. Niat positif ditampilkan dengan mengikuti kelompok dukungan, dan niat negatif ditampilkan dengan tidak mengikuti kelompok dukungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 18 / 09 Arl n
Uncontrolled Keywords: substances users, intention, support group
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV5800-5840 Drug habits. Drug abuse
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku
Creators:
CreatorsNIM
ANGGI ARLIJANTI, 100411450UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuji Sulistyowati, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 22 Feb 2010 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 07:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22267
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item