PENGARUH KENYAMANAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN, KUALITAS JASA DAN KEADILAN DI POLI KIA PUSKESMAS KENJERAN SURABAYA

ALFIANA NOUR MAIDAH, 100810072 (2012) PENGARUH KENYAMANAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN, KUALITAS JASA DAN KEADILAN DI POLI KIA PUSKESMAS KENJERAN SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rata-rata jumlah K1, K4 dan KN lengkap di Puskesmas Kenjeran dari tahun 2009-2011 sebesar 58,43%, 36,26% dan 38,7%. Cakupan tersebut masih kurang dari SPM yang ditetapkan oleh Puskesmas Kenjeran yakni sebesar 97%, 98% dan 100%. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti kenyamanan pelayanan poli KIA Puskesmas Kenjeran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kenyamanan pelayanan terhadap evaluasi jasa pelayanan yang meliputi kepuasan, kualitas jasa dan keadilan di poli KIA Puskesmas Kenjeran. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancang bangun cross sectional. Unit analisis penelitian ini adalah pasien poli KIA Puskesmas Kenjeran. Besar sampel penelitian adalah 77 pasien poli yang diberi kuesioner saat datang ke poli KIA. Penelitian ini dilakukan mulai bulan April sampai Juni 2012. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear dengan α=0,05. Hasil penelitian menunjukan karakteristik pasien khususnya orientasi waktu berpengaruh terhadap kenyamanan pelayanan (p=0,017). Dan terdapat pengaruh kenyamanan pelayanan terhadap evaluasi jasa yang meliputi kepuasan(p=0,001), kualitas jasa (p=0,001) dan keadilan (p=0,001). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kenyamanan pelayanan yang baik mempengaruhi penilaian responden terhadap kepuasan, kualitas jasa dan keadilan yang dirasakan responden dan dapat mempengaruhi realisasi kunjungan K1, K4 dan KN lengkap di poli KIA Puskesmas Kenjeran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 152/12 Mai p
Uncontrolled Keywords: Service Convenience, Satisfaction, Quality of service, Fairness
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ALFIANA NOUR MAIDAH, 100810072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorThinni Nurul R., Dr. , Dra.Ec., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 07 Jan 2013 12:00
Last Modified: 02 Aug 2016 03:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22604
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item