FAKTOR PREDISPOSISI, FAKTOR PENDUKUNG, DAN FAKTOR PENGUAT YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA KELUARGA PETERNAK SAPI (Studi di Desa Balunganyar Kec. Lekok Kab. Pasuruan)

SAYYIDATUL LABIBAH CH, 100710254 (2011) FAKTOR PREDISPOSISI, FAKTOR PENDUKUNG, DAN FAKTOR PENGUAT YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA KELUARGA PETERNAK SAPI (Studi di Desa Balunganyar Kec. Lekok Kab. Pasuruan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-labibahchs-20623-fkm160-k.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-labibahchs-17307-fkm160-f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikan atas dasar kesadaran dari hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan mampu berperan-aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) keluarga merupakan perwujudan paradigma sehat dalam kehidupan berumah tangga. Dari beberapa tatanan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS), rumah tangga merupakan tatanan awal dari pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) karena rumah tangga merupakan kelompok masyarakat terkecil yang paling dekat dengan individu. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) keluarga peternak sapi dan menganalisis faktor predisposisi,faktor pendukung, dan faktor penguat yang berhubungan dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) pada keluarga peternak sapi di desa Balunganyar. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan uji chi square (tingkat kemaknaan 0,05) untuk melihat adanya hubungan antara variabel bebas dan terikat. Responden dalam penelitian ini adalah 100 keluarga peternak sapi yang dipilih dengan cara simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap (p=0,029), keterjangkauan sumber air bersih (p=0,018),ketersediaan tempat sampah dan tempat pembuangan kotoran sapi (p=0,04), dan ketersediaan jamban (p=0,000) berhubungan dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) keluarga peternak sapi. Sedangkan untuk pengetahuan (p=0,178), ketersediaan sumber air bersih (p=0,248) dan sikap tokoh masyarakat (p=0,994) tidak berhubungan dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) keluarga peternak sapi. Disarankan kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan pengalokasian pembiayaan terutama untuk penyediaan sarana sanitasi dan menjalin kemitraan lintas sektoral untuk mengadakan pelatihan pengolahan limbah peternakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 160 / 11 Lab f
Uncontrolled Keywords: HEALTY - LIFE STYLE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
SAYYIDATUL LABIBAH CH, 100710254UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRika Subarniati T., Prof. Dr.dr. S.KMUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 04 Nov 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 19:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23001
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item