PENGARUH PERILAKU PENGEMUDI SEPEDA MOTOR DAN LINGKUNGAN TERHADAP KEJADIAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2010

NURUL KUTSIYAH, 100911273 (2011) PENGARUH PERILAKU PENGEMUDI SEPEDA MOTOR DAN LINGKUNGAN TERHADAP KEJADIAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2010. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-kutsiyahnu-20872-fkm267-k.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-kutsiyahnu-17513-fkm267-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Ada tiga faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya yaitu manusia, kendaraan, dan kondisi jalan. Disamping itu ada juga penyebab kecelakaan yang lain yaitu lingkungan dan cuaca. Skripsi ini untuk mengukur seberapa besar pengaruh perilaku pengendara sepeda motor dan lingkungan terhadap kecelakaan lalu lintas di Sidoarjo selama tahun 2010. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan rancang bangun penelitian menggunakan desain cross sectional. Besarnya sample adalah 97 yang diambil secara acak dari populasi pengemudi sepeda motor yang melintasi wilayah Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2010 – Juni 2011. Hasil analisis regresi logistik menunjukkan angka signifikansi pengaruh perilaku pengemudi terhadap kejadian kecelakaan sebagai berikut, jenis kelamin sebesar (p=0,012, α=0,05), pengaruh penggunaan HP saat berkemudi sebesar (p=0,005, α=0,05), pengaruh menyalakan lampu utama sebesar (p=0,006, α=0,05), pengetahuan terhadap rambu-rambu lalu lintas sebesar (p=0,04, α=0,05), dan ruas jalan Waru-Tarik adalah ruas jalan yang sering terjadi kecelakaan. Perilaku buruk saat berkendara dan kondisi jalan sangat mempengaruhi peningkatan terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Kedisiplinan dan pengetahuan pengemudi terhadap rambu-rambu lalu lintas harus ditingkatkan untuk menurunkan kejadian kecelakaan di jalan raya, dan juga perbaikan ruas jalan black spot harus dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 267 11 Kut p
Uncontrolled Keywords: TRAFFIC ACCIDENTS
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV8031-8080 Police duty. Methods of protection > HV8079.5-8079.55 Traffic control. Traffic accident investigation
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NURUL KUTSIYAH, 100911273UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLucia Yovita Hendrati, S.KM, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 16 Nov 2011 12:00
Last Modified: 26 Oct 2016 20:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23100
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item