ANALISIS FAKTOR RISIKO YANG MEMPENGARUHI KELUHAN KESEHATAN PENGGUNA PADA PEMANDIAN UMUM DI KABUPATEN LUMAJANG

HESTY PAKARTININGRUM, 100710187 (2011) ANALISIS FAKTOR RISIKO YANG MEMPENGARUHI KELUHAN KESEHATAN PENGGUNA PADA PEMANDIAN UMUM DI KABUPATEN LUMAJANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-pakartinin-20942-fkm266-k.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-pakartinin-17557-fkm266-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberadaan sarana rekreasi air berpotensi menjadi media penularan mikroorganisme patogen melalui perantara air karena terdapat banyak orang yang berendam dalam satu tempat, akan menambah kontaminasi air dari perenang itu sendiri dan selanjutnya memperbesar penularan penyakit secara person-to-person. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi keluhan kesehatan pada pengguna pemandian umum Penelitian dilaksanakan dengan rancangan cross sectional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Wawancara dilaksanakan pada 99 pengguna pemandian umum di pemandian umum Selokambang, Sememu dan Jarit, Kabupaten Lumajang. Subjek ditarik dari populasi dengan cara systematic random sampling. Wawancara mendalam, observasi dan checklist sanitasi dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang variabel yang diteliti. Variabel bebas penelitian adalah kualitas air, sanitasi pemandian umum, hygiene perorangan, pemakaian APD dan kebiasaan lain responden. Variabel terikat penelitian ini adalah keluhan kesehatan berupa iritasi kulit dan mata yang dirasakan oleh pengguna. Dari hasil perhitungan besar risiko dengan menggunakan Prevalensi Rasio didapatkan bahwa faktor risiko keluhan kesehatan pengguna pemandian umum adalah variabel kebiasaan lain (PR=1,18) dan variabel pemakaian APD (PR=1,02). Selain itu hasil observasi sanitasi pemandian umum menunjukkan 2 pemandian umum telah memenuhi syarat pemandian umum dengan skor masingmasing 2326 dan 2101. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor risiko yang mempengaruhi keluhan kesehatan pengguna pemandian umum adalah kebiasaan lain (meliputi kebiasaan membuang ludah, kebiasaan buang air kecil saat berenang, kebiasaan membuang ingus saat berenang, kebiasaan menelan air saat berenang, kebiasaan mandi dengan menggunakan sampo dan sabun saat berenang, kebiasaan berenang dengan kulit terluka atau bernanah, kebiasaan berenang tanpa melepas alas kaki) dan pemakaian APD (kacamata dan baju renang).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 266 11 Pak a
Uncontrolled Keywords: POWER HEALTH
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
HESTY PAKARTININGRUM, 100710187UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorCorie Indria Prasasti, S.KM, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 17 Nov 2011 12:00
Last Modified: 27 Oct 2016 18:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23119
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item