PENGARUH PERSEPSI MANFAAT MINUMAN SUPLEMEN (ENERGY DRINK) TERHADAP JUMLAH JAM KERJA DALAM SEHARI BERDASARKAN POLA KONSIUMSI PADA KELOMPOK SOPIR BEMO (LYN) TV DI TERMINAL JOYOBOYO

Fida Oktafiani, 100411484 (2009) PENGARUH PERSEPSI MANFAAT MINUMAN SUPLEMEN (ENERGY DRINK) TERHADAP JUMLAH JAM KERJA DALAM SEHARI BERDASARKAN POLA KONSIUMSI PADA KELOMPOK SOPIR BEMO (LYN) TV DI TERMINAL JOYOBOYO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-oktafianif-9836-fkm900-k.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-oktafianif-8326-fkm900-p.pdf
Restricted to Registered users only until 2018.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini, iklan minuman suplemen semakin gencar ditayangkan. Peningkatan tayangan iklan tersebut mengakibatkan konsumen percaya akan klaim manfaat minuman suplemen dan ingin mengkonsumsi minuman suplemen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi tentang manfaat minuman suplemen terhadap pola konsumsi minuman suplemen yang pada akhirnya berdampak terhadap jumlah jam kerja dalam sehari. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan cross sectional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Wawancara dilaksanakan pada 50 sopir bemo TV. Subjek ditarik dari populasi dengan Cara simple random sampling. Untuk mengetahui hubungan antar variabel digunakan uji chi-square dan Fisher's Exact. Sedangkan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi lama kerja digunakan uji regresi intervening (path analysis). Variabel utama pada penelitian ini adalah persepsi, konsumsi dan jumlah jam kerja. Seluruh sopir bemo (100%) pada penelitian ini mengkonsumsi minuman suplemen tetapi hanya 94% responden yang rutin mengkonsumsi minuman suplemen. Sebanyak 86% responden mendapatkan informasi tentang minuman suplemen dari iklan dan 68% responden langsung mempercayai manfaat minuman suplemen. Sebanyak 74% responden tidak melakukan penelusuran informasi dan 88% responden tidak memiliki reference group. Extra Joss merupakan merek yang paling banyak dipilih responden (66%). Pengujian hubungan tunggal dengan tabel 2x2 menunjukkan bahwa harga minuman suplemen mempunyai hubungan bermakna dengan merek minuman suplemen yang dipilih (p<0,05) dan pendapatan mempunyai hubungan bermakna dengan konsumsi minuman suplemen (p<0,05). Uji pengaruh dengan regresi intervening (path analysis) menunjukkan bahwa persepsi berpengaruh secara signifikan terhadap konsumsi (p=0,033) dan jumlah jam kerja dalam sehari (p=0,001). Kesimpulan yang dapat ditarik adalah persepsi tentang manfaat minuman suplemen berpengaruh terhadap jumlah jam kerja dalam sehari baik secara langsung maupun tidak langsung melalui variabel konsumsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 90/08 Okt p
Uncontrolled Keywords: DRINKING WATER; MOTOR VEHICLE DRIVES
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Gizi Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
Fida Oktafiani, 100411484UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBambang W, Prof. R., dr.,MS., M.CN, Ph.D, SpGKUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 09 Jan 2009 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 16:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23393
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item