PENGARUH TATA LAKSANA PENYEMPROTAN TERHADAP KADAR ENZYM CHOLINESTERASE DARAH DAN KELUHAN KESEHATAN PENYEMPROT HAMA TEMBAKAU (Studi di Desa Jelbudan Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep)

RB. ASYIM, 100911375 (2011) PENGARUH TATA LAKSANA PENYEMPROTAN TERHADAP KADAR ENZYM CHOLINESTERASE DARAH DAN KELUHAN KESEHATAN PENYEMPROT HAMA TEMBAKAU (Studi di Desa Jelbudan Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
9.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-asyimrb-16959-kkfkm4-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pestisida memiliki kegunaan sangat luas, namun belum semua memahami bahaya dan akibat yang menimpa manusia terhadap aktivitas enzyme cholinesterase darah. Kasus mengenai kecelakaan keracunan pestisida pada tenaga penyemprot pestisida salah satunya karena tata laksana penyemprotan yang tidak benar. Kebanyakan para penyemprot kurang memperhatikan tata laksana penyemprotan untuk mencegah masuknya pestisida ke dalam tubuh. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, menurut segi waktunya bersifat crossectional. Populasi adalah seluruh penyemprot hama tembakau di Desa Jelbudan Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep yang sudah melakukan penyemprotan selama 3 tahun dengan besar sampel 35 orang yang diambil secara total sampel. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh tata laksana penyemprotan terhadap kadar enzym cholinesterase darah dan keluhan kesehatan. Hasil analisis Prevalensi Rasio (PR) tata laksana penyemprotan, yang paling berpengaruh dosis pestisida dengan nilai PR=3,73. Sedangkan keluhan kesehatan yang menduduki peringkat pertama sesak nafas dengan nilai PR=2,25. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh tata laksana penyemprotan terhadap kadar enzym cholinesterase darah dan keluhan kesehatan. Sosialisasi tentang tata laksana penyemprotan yang benar melalui penyuluhan, media cetak, dan media elektronik untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat, mengubah perilaku penyemprot, serta meminimalkan bahaya keracunan pestisida.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FKM 40 / 11 Asy p
Uncontrolled Keywords: CHOLINESTERASE; TOBACCO
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV5725-5770 Tobacco habit
T Technology > TS Manufactures > TS2220-2283 Tobacco industry
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
RB. ASYIM, 100911375UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorCorie Indria Prasasti,, S.KM, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 13 Oct 2011 12:00
Last Modified: 26 Oct 2016 20:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23593
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item