SANITASI, HIGIENE DAN KELUHAN KESEHATAN KARYAWAN INDUSTRI RUMAH TANGGA PENGASAPAN IKAN DI KABUPATEN SIDOARJO

Julsa Jesiana, 100810409 (2012) SANITASI, HIGIENE DAN KELUHAN KESEHATAN KARYAWAN INDUSTRI RUMAH TANGGA PENGASAPAN IKAN DI KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-jesianajul-21024-6.abstr-k.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri rumah tangga pengasapan ikan merupakan salah satu industri pangan unggulan dan merupakan sentra industri rumah tangga pengasapan ikan di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari kondisi sanitasi, higiene dan keluhan kesehatan karyawan industri rumah tangga pengasapan ikan di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan menggunakan metode observasi melalui lembar penilaian serta wawancara kepada pengusaha dan karyawan. Populasi penelitian adalah 51 industri rumah tangga pengasapan ikan yang terdaftar di Dinas koperasi, ukm , perindag, esdm Kabupaten Sidoarjo. Variabel yang diteliti meliputi higiene karyawan, sanitasi tempat pengolahan, sanitasi sarana dan proses pengolahan dan keluhan kesehatan karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 62,5% kondisi higiene karyawan industri rumah tangga pengasapan ikan tergolong dalam kriteria cukup dan sebesar 62,5% sanitasi tempat pengolahan industri rumah tangga pengasapan ikan tergolong dalam kriteria kurang. Sanitasi sarana dan proses pengolahan industri rumah tangga pengasapan ikan 87,5% tergolong dalam kriteria cukup. Hasil penilaian ketiga variabel tersebut menunjukkan bahwa sebesar 100% industri rumah tangga pengasapan ikan di Kabupaten Sidoarjo tergolong dalam kriteria cukup. Dari hasil penelitian juga didapatkan bahwa karyawan yang bekerja dibagian pengasapan ikan mengalami gangguan kesehatan berupa batuk, sesak nafas, sakit tenggorokan, mata merah dan perih. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah perlunya dilakukan pelatihan dan promosi kesehatan yang lebih intensif kepada pengusaha dan karyawan industri rumah tangga pengasapan ikan. Pengawasan secara berkala terhadap kesehatan para karyawan industri rumah tangga perlu dilakukan untuk mengetahui dampak akibat paparan asap terhadap kesehatan karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 44 / 12 Jes s
Uncontrolled Keywords: HYGIENE; SANITATION; HEALTH
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Julsa Jesiana, 100810409UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarmaji, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2012 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 03:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23640
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item