HUBUNGAN HYGIENE, SANITASI MAKANAN DAN SANITASI RUMAH MAKAN DENGAN KUALITAS BAKTERIOLOGIS

Ida Nurhandayani, 100730273 (2009) HUBUNGAN HYGIENE, SANITASI MAKANAN DAN SANITASI RUMAH MAKAN DENGAN KUALITAS BAKTERIOLOGIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-nurhandaya-10925-fkm480-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah makan merupakan tempat usaha komersial yang ruang lingkup kegiatannya menyediakan makanan dan minuman untuk umum ditempat usahanya. Rumah makan ini timbul dan berkembang sejalan dengan berkembangnya masyarakat dalam melayani kebutuhan konsumen. Hal ini bila tidak di tunjang dengan pengolahan makanan yang hygienes dan kondisi sanitasi yang baik maka akan menyebabkan keracunan makanan atau penyakit seperti diare. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan hygiene sanitasi makanan dan sanitasi rumah makan terhadap kualitas bakteriologis pada rumah makan di Bandara Internasional Juanda Surabaya tahun 2009. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dan ditinjau dari segi waktu secara cross sectional. Jumlah sample adalah total populasi yaitu 17 rumah makan. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Untuk mengetahui kualitas makanan dilakukan pemeriksaan bakteriologis makanan. Hasil penilaian keadaan hygiene penjamah makanan yang memenuhi syarat adalah 82,4% , sanitasi makanannya adalah 88,2% dan sanitasi rumah makan 94,12%. Untuk keberadaan kuman E.Coli dalam makanan adalah 12 % positif. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara keadaan hygiene dan sanitasi makanan terhadap kualitas bakteriologis makanan. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah terdapat hubungan antara hygiene sanitasi makanan dan sanitasi rumah makan terhadap kualitas bakteriologis makanan pada rumah makan di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Maka disarankan pada pemilik rumah makan agar menjaga dan meningkatkan proses pengolahan dan kebersihan lingkungan sehingga kulaitas makanan yang dihasilkan menjadi lebih aman dan sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 48/09 Nur h
Uncontrolled Keywords: HYGIENE; SANITATION
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Ida Nurhandayani, 100730273UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorR. Azizah, S.H., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 07 Jul 2010 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 06:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24098
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item