ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNTUK MEMANTAU PERKEMBANGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA TUNA RUNGU KARYA MULIA SURABAYA DENGAN METODE BERORIENTASI OBJEK

FAIZAH LESTALUHU, 080916036 (2014) ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNTUK MEMANTAU PERKEMBANGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA TUNA RUNGU KARYA MULIA SURABAYA DENGAN METODE BERORIENTASI OBJEK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-lestaluhuf-29671-7.abstr-k.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
25174-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Tunarungu Karya Mulia Surabaya adalah salah satu sekolah berkebutuhan khusus dengan kelainan pendengaran yang membutuhkan pemantauan secara khusus dan individual terkait perkembangan siswa saat di sekolah. Pada skripsi ini, kebutuhan tersebut diwujudkan dengan perancangan sebuah sistem informasi akademik dengan menggunakan metode berorientasi objek yang bertujuan menghasilkan rancangan sistem yang dapat membantu guru-guru dalam pemantauan perkembangan siswa dan pengolahan data serta nilai-nilai siswa dengan tepat untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan. Perancangan sistem informasi akademik dengan berorientasi objek dilakukan dengan lima tahap. Tahap pertama dilakukan dengan perumusan masalah dan penetapan tujuan sebagai pedoman penelitian ditahap selanjutnya. Pada tahap kedua, dilakukan observasi tempat penelitian untuk mendapatkan gambaran awal sistem akademik yang sedang digunakan. Pada tahap ketiga, yaitu pengumpulan data, dilakukan untuk mendapatkan data dan informasi yang mendukung analisis dan perancangan sistem. Pengumpulan data dilakukan dengan dua metode yaitu wawancara dan studi berkas. Tahap keempat, analisis dan perancangan sistem dilakukan untuk mengindentifikasi kebutuhan pengguna dan mendefinisikan kelas-kelas dalam sistem yang akan dibuat. Perancangan sistem dilakukan dengan menggambarkan hasil analisis sistem menggunakan diagram-diagram UML. Pada tahap kelima, uji rancangan sistem dilakukan dengan menggunakan prototype desain antarmuka untuk mengetahui kesesuaian rancangan sistem dengan kebutuhan pengguna. Skripsi ini menghasilkan suatu rancangan sistem informasi akademik untuk memantau perkembangan siswa yang terkomputerisasi, dengan fitur-fitur yang sesuai kebutuhan pengguna. Hasil pengujian pertama oleh pengguna diperoleh bahwa 70% fitur dapat diterima. Sedangkan 30% fitur perlu diperbaiki. Pada hasil pengujian kedua oleh pengguna diperoleh bahwa seluruh fitur telah disetujui. Rancangan sistem informasi ini dapat menjadi acuan pengembangan sistem informasi akademik di SMPLB-B Karya Mulia Surabaya sebagai solusi atas permasalahan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 06/14 Les a
Uncontrolled Keywords: Analysis And Design of Academic Information System
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
FAIZAH LESTALUHU, 080916036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDyah Herawatie,, Ir., M,SiUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 29 Jan 2014 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 17:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/25174
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item