SEKSUALITAS TOKOH AKU DALAM NOVEL LELAKI TERINDAH KARYA ANDREI AKSANA

NANDA HADI WIJAYA, 120710195 (2012) SEKSUALITAS TOKOH AKU DALAM NOVEL LELAKI TERINDAH KARYA ANDREI AKSANA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-wijayanand-21759-9.abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
355.gdlhub-gdl-s1-2012-wijayanand-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Seksualitas Tokoh Aku dalam Novel Lelaki Terindah Karya Andrei Aksana” bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan konflik batin tokoh Aku terkait seksualitas tokoh Aku yang tergambarkan dalam novel Lelaki Terindah karya Andrei Aksana. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan susunan psikologis beserta mekanisme psikologis tokoh Aku dalam novel Lelaki Terindah karya Andrei Aksana. Pada penelitian ini digunakan metode kualitatif deskriptif. Analisis data menggunakan teori struktural yang fokus pada tokoh dan latar. Kemudian, digunakan pula teori psikoanalisa Sigmund Freud tentang susunan psikologis dan mekanisme pertahanan sebagai ilmu bantu analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh Aku merupakan lelaki dengan seksualitas heteroseks normatif. Adanya kekaguman terhadap tokoh Rafky yang mengarah pada dorongan seksual membuat id dan super ego dalam diri tokoh Aku berbenturan. Hal tersebut menyebabkan konflik batin dalam diri tokoh Aku. Ego, dalam menyeimbangkan id dan super ego, melakukan bentuk mekanisme pertahanan yang berwujud pembentukan reaksi dan proyeksi. Namun, hal tersebut tidak bersifat permanen sehingga tokoh Aku memilih mengakhiri interaksi dengan tokoh Aku dengan cara meninggalkan tokoh Rafky.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.45/12 Wij s
Uncontrolled Keywords: SEXUALITY
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ19-30.7 Sexual behavior and attitudes. Sexuality
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
NANDA HADI WIJAYA, 120710195UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPuji Karyanto, , S.S., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 17 Dec 2012 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 08:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27169
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item