A.I.D.A MODEL ANALYSIS TERHADAP PESAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (ILM) DI TELEVISI DENGAN PENDEKATAN KUALITATIF (Studi Terhadap Iklan Telepon Sahabat Anak 129 Jawa Timur)

SINARWAN ADI KUNCORO, 040217554 (2010) A.I.D.A MODEL ANALYSIS TERHADAP PESAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (ILM) DI TELEVISI DENGAN PENDEKATAN KUALITATIF (Studi Terhadap Iklan Telepon Sahabat Anak 129 Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-kuncorosin-17652-37510k-a Abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2011-kuncorosin-15426-37510k-t Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Promosi layanan sosial bagi masyarakat (public service) yang berkualitas bagi institusi sosial kemasyarakatan kepada konsumen dengan program iklan layanan masyarakat (public service advertising) sangat penting dalam program promosi dan pembelajaran bagi masyarakat. Konsumen akan melakukan tindakantindakan yang sesuai dengan promosi / iklan yang diterbitkan oleh organisasi sosial apabila telah merasa mendapatkan informasi dan pembelajaran. Pembelajaran secara keseluruhan terhadap iklan layanan masyarakat secara positif akan meunjukkan kualitas pesan (message quality). Faktor-faktor kualitas pesan mempengaruhi bagaimana konsumen memiliki (attention) perhatian yang tinggi terhadap iklan tersebut. Kemudian dari perhatian tersebut akan muncul sebuah rasa tertarik / menginginkan (desires) apa yang ditawarkan oleh pesan iklan yang ada. Tidak terbatas hanya pada rasa tertarik saja namun juga memunculkan niat (interest) dan akhirnya sebuah tindakan nyata (action) menyikapi pesan iklan untuk mengevaluasi iklan layanan masyarakat yang ada dan merespon terhadap strategi pemasaran. Oleh karena pentingnya membangun kualitas pesan yang baik dalam iklan layanan masyarakat bagi konsumen agar pada akhirnya konsumen akan melakukan action menurut pesan iklan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas pesan iklan layanan masyarakat sebagai media pembelajaran masyarakat, bagaimana iklan tersebut mampu menarik perhatian konsumen pada awalnya, dan berlanjut kepada adanya desires terhadap layanan social yang disediakan, kemudian konsumen akan memiliki niat untuk memanfaatkan layanan social tersebut yang pada akhirnya dibuktikan dengan sebuah tindakan (action). Subyek penelitian adalah masyarakat umum sebagai sampel dengan metode accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis nominal grouping sessions, dimana variable-variabelnya adalah antara lain tingkat attention masyarakat, timbulnya desires yang dilanjutkan interest untuk menikmati layanan social yang akhirnya terbukti dengan adanya sebuah action. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pesan iklan layanan masyarakat terbukti cukup efektif dalam mencapai targetnya untuk menjadi sebuah media pembelajaran bagi konsumen yang dibuktikan dengan adanya hierarkhi efek yang sempurna sebagai respon terhadap iklan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B 375/10 Kun a
Uncontrolled Keywords: Public Service Advertising
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
SINARWAN ADI KUNCORO, 040217554UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: hari
Date Deposited: 10 May 2011 12:00
Last Modified: 10 Aug 2016 03:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2808
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item