PEMBACAAN DEKONSTRUKSI PADA BUKU THE END OF FAITH KARYA SAM HARRIS

BAGUS WIJOSENO, 121141028 (2015) PEMBACAAN DEKONSTRUKSI PADA BUKU THE END OF FAITH KARYA SAM HARRIS. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan pembacaan dekonstruksi pada teks The End of Faith karya Sam Harris. Dalam proses pengungkapan pembacaan tersebut, teks The End of Faith dianalisis dengan menggunakan tinjauan dekonstruksi. Diawali dengan menelusuri dan menciptakan ulang oposisi biner yang beroperasi baik secara umum maupun spesifik yang diciptakan dalam teks, untuk memahami authorial intentions penulis teks yang sebenarnya, keabsahan logika-logika yang melekat dari penciptaan oposisioposisi biner yang ada akan diuji. Kajian ini dikhususkan hanya pada wacana-wacana yang dibangun Sam Harris dalam teks The End of Faith saja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dan bermaksud memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada teks The End of Faith. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) teknik simak-catat, (2) teknik reduksi data, (3) teknik penyajian data, (4) teknik interpretasi, dan (5) teknik penarikan simpulan. Teknik analisis data yang digunakan adalah: (a) rekonstruksi data, yaitu mengungkap dan menarasikan ulang oposisi biner yang beroperasi baik secara umum maupun spesifik yang diciptakan dan dimaksudkan oleh Sam Harris; dan (b) target analisis, yaitu mempertanyakan sekaligus berusaha membongkar keabsahan logika-logika yang melekat dari penciptaan oposisioposisi biner yang ada. Hasil analisis menunjukkan bahwa pondasi-pondasi yang menopang kekuatan oposisi-oposisi biner yang ada dalam teks tersebut memuat inkonsistensi-inkonsistensi yang bersifat self-conflicting pada tataran foundational-nya. Peneliti menemukan beberapa inkonsistensi pandangan-pandangan penulis teks dalam menyatakan bahwa fundamentalisme dalam Islam, beserta metode scriptural literalism yang menghasilkan penafsiran-penafsiran atas Alquran yang khas, merupakan sebuah representasi Islam yang sejati. Dengan mengungkap bahwa scriptural literalism adalah sebuah metode pembacaan teks yang tercipta dari kegagalan bernalar dan merupakan sebuah bentuk pembacaan yang imoral, maka disimpulkan bahwa “Freedom of belief [mendefinisikan Islam melalui scriptural literalism] is a ‘myth’”. Peneliti juga mengungkap ketidakadilan Harris dalam mendistribusikan konsep perbandingan minoritas dan mayoritas yang digunakan dalam dua tema berbeda yang dibahas dalam bukunya; tema tentang hubungan antara golongan Islam moderat tipe B (minoritas) dengan golongan Islam fundamentalis beserta golongan Islam moderat tipe A (gabungan keduanya merupakan mayoritas), dan tema tentang hubungan antara kebenaran konsensual yang bersifat relatif terhadap tempat dan jaman dengan kebenaran faktual/ realistis yang bersifat universal. Penelitian ini mengungkapkan bahwa, jika kebenaran universal tidak harus disamakan dengan kebenaran konsensual, golongan Islam moderat tipe B sebagai minoritas berpeluang untuk merombak konsensuskonsensus tentang definisi Islam.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TKSB.08/15 Wij p
Uncontrolled Keywords: Deconstruction, binary oppositions,
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Magister Kajian Sastra dan Ilmu Budaya
Creators:
CreatorsEmail
BAGUS WIJOSENO, 121141028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDiah Ariani Ariambi,, S.S., M.A., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 25 Sep 2015 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 08:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28680
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item