MASALAH PANGAN DAN GIZI DALAM RANGKA PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI SISTIM PENDEKATAN MULTI DAN INTER DISIPLINER

HOEPOEDIONO SOEWONDO (1981) MASALAH PANGAN DAN GIZI DALAM RANGKA PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI SISTIM PENDEKATAN MULTI DAN INTER DISIPLINER. AIRLANGGA UNIVERSITY PRESS, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (PIDATO GURU BESAR)
30365_PG 08.14-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagaimana semua orang telah mengetahui, fungsi dasar makanan bagi kita manusia ialah mempertahankan hidup (survival) . Berbeda dengan binatang, manusia kemudian mempersoalkannya lebih jauh dan lebih mendalam. Misalnya, manusia membeda-bedakan jenis makanan satu dengan lainnya, membeda-bedakan mana yang dapat dimakan mana yang tidak menurut selera dan suka-c ita. Manusia juga menentukan pilihan-pilihan bagi sumber atau asal-usul pangan, sebaran, eara-cara penyediaan, kapan memakannya dan lain sebagainya . Hal ini menimbulkan serentetan problematik sosial, antara lain yang berkaitan dengan kebiasaan-kebiasaan makan, kesehatan & kesejahteraan, besar dan susunan keluarga, lingkungan hidup keluarga dan masyarakat, ekonomi dan sebagainya. Memang, masalah makanan dan makan tidak dapat dijelaskan seeara biologik melulu, meskipun harus diakui bahwa keperluan-keperluan biologik besar pengaruhnya dalam membentlIk individu, keluarga, dan masyarakat. Pengertian-pengertian yang eukup mengenai segi-segi sos ial pangan dan gizi sangat penting untuk dapat mengerti keadaan pangan dan gizi masyarakat dan kemudian meneari jalan keluar bagi permasalahan-permasalahan yang timbul. Sumbersumber pengertian terutama banyak berasal dari bidang ilmu-ilmu sosial dan peri laku, sosio logi dan anthropologi, serta lingkungan hidup (ekologi). MisaInya, menurut Margareth ~ead, definisi ten tang kebiasaan makan kita adalah: eara-eara yang ditempuh oleh rnasyarakat sebagai jawaban terhadap tuntutan-tuntutan sosio-kultural yang berujud sebagai pili han, konsumsi, serta segala bentuk penggunaan pangan yang ada. Dari hasil penelitian FAO (1970) dan den Hartog (1977) ternyata terdapat hubungan yang berarti antara kebiasaan rnakan masyarakat dengan aneka ragam faktor dalam lingkungan hidupnya.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK PG.09/22 Hoe m
Uncontrolled Keywords: MASALAH PANGAN DAN GIZI; PENGEMBANGAN MASYARAKAT; SISTIM PENDEKATAN MULTI DAN INTER DISIPLINER
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
Divisions: Pidato Guru Besar
Creators:
CreatorsNIM
HOEPOEDIONO SOEWONDOUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 03 May 2016 06:41
Last Modified: 03 Jun 2022 06:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30365
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item