ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN 100 HARI PEMERINTAHAN JOKO WIDODO-JUSUF KALLA PADA MEDIA ONLINE The Jakarta Post.com DAN Republika Online

GANES AJI LAKSONO, 071015001 (2016) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN 100 HARI PEMERINTAHAN JOKO WIDODO-JUSUF KALLA PADA MEDIA ONLINE The Jakarta Post.com DAN Republika Online. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas analisis framing pemberitaan 100 hari Pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla (Jokowi-JK) pada media online Thejakartapost.com dan Republika Online. Penelitian ini berfokus pada bagaimana kedua media online tersebut membingkai dan menyusun pemberitaannya. Afiliasi Republika Online yang tergabung dalam anak perusahaan grup Bakrie, yang dimiliki oleh ketua partai Golkar yang berada pada koalisi yang berseberangan dengan Jokowi-JK menjadi dasar peneliti memilih Republika Online sebagai objek penelitian. Sementara itu, Thejakartapost.com secara tertulis menunjukkan dukungan penuh terhadap Jokowi-JK pada editorial saat momen pemilihan umum presiden yang sangat kontroversial menjadi pertimbangan khusus dipilihnya Thejakartapost.com sebagai objek penelitian. Menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan tipe penelitian eksploratif, berita-berita yang telah dipilih sebagai sasaran penelitian dianalisis menggunakan model analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki karena dengan menggunakan model ini, peneliti dapat melihat secara detil bagaimana sebuah berita disusun dan dibingkai dengan menganalisis secara mendetil struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris pemberitaan untuk mengetahui bagaimana peristiwa dibingkai oleh media. Sebagai referensi penelitian, peneliti melakukan tinjauan pustaka dari konsep dan teori jurnalisme online dan new media, ekonomi politik media massa, media online dan keberpihakan politik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meski Thejakartapost.com sebelumnya merilis pernyataan tertulis mendukung Jokowi-JK namun analisis framing pemberitaan membuktikan tidak hadirnya keberpihakan pemberitaan Thejakartapost.com dari hasil analisis framing yang dilakukan. Dengan menghadirkan sumber berita yang beragam pada struktur sintaksis berita, lengkapnya unsur berita dan luasnya pembahasan berita pada struktur skrip berita, runtut dan koherennya pemberitaan Thejakartapost.com. Struktur retoris pemberitaan menghadirkan satire-satire yang kemudian membatalkan kecenderungan pro-pemerintah. Pemberitaan Republika online disusun dan dikonstruk dengan menghadirkan sumber berita tunggal, tanpa adanya sumber berita lain atau data-data pendukung, terbukti dari hasil analisis struktur sintaksis berita. Struktur retoris pemberitaan Republika Online menjadi sorotan peneliti karena cenderung menekankan isu-isu negatif terhadap pemerintahan Jokowi-JK. Dengan menghadirkan narasumber tunggal yang membawa sudut pandang tunggal, pemberitaan Republika Online tidak berimbang dan cenderung condong pada sisi kontra pemerintahan Jokowi-JK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K. 12/16 Lak a
Uncontrolled Keywords: analisis framing, media online, 100 hari pemerintahan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
GANES AJI LAKSONO, 071015001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRendy Pahrun Wadipalapa, S.Sos., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 04 May 2016 06:10
Last Modified: 04 May 2016 06:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30453
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item