PENGARUH FAKTOR-FAKTOR END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA UNIVERSITAS AIRLANGGA CYBER CAMPUS (UACC) (STUDI KASUS PADA DOSEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS AIRLANGGA)

ARDI GUNAWAN, 040810387 (2016) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA UNIVERSITAS AIRLANGGA CYBER CAMPUS (UACC) (STUDI KASUS PADA DOSEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS AIRLANGGA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
11. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
12. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
13. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
14. BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
15. BAB 5SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi informasi sudah masuk ke semua lini kehidupan masyarakat Indonesia tak terkecuali di lingkungan pendidikan. Penggunaan Universitas Airlangga Cyber Campus (UACC) secara tepat dan optimal akan meningkatkan daya saing Universitas Airlangga (Unair) dalam persaingan di dunia pendidikan. Kepuasaan pengguna dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mempengaruhi. Doll dan Torkzadeh (1988) mengembangkan instrumen EUCS (End User Computing Satisfaction) yang merupakan metode untuk mengukur kepuasan pengguna akhir sistem informasi, dimana didapat lima faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna. Lima faktor tersebut antara lain content (isi), format (tampilan), accuracy (akurasi), timeliness (ketepatan waktu), dan ease of use (kemudahan penggunaan sistem). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji ulang ada tidaknya pengaruh faktor-faktor EUCS yaitu isi, bentuk, akurasi, ketepatan waktu, dan kemudahan penggunaan terhadap kepuasan pengguna sitem informasi UACC. Populasi dalam penelitian ini adalah dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unair yang menggunakan sistem informasi UACC. Sampel dalam penelitian ini adalah 64 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi liner berganda, hipotesis dengan uji F dan uji t dengan menggunakan program SPSS 18. Hasil penelitian ini menunjukan faktor-faktor EUCS secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna sistem informasi UACC dimana nilai F hitung sebesar 55,692 dengan tingkat signifikansi uji F hitung adalah sebesar 0,000 ( p < 0.05). Penelitian juga menunjukan bahwa variabel isi, bentuk, akurasi, ketepatan waktu dan kemudahan dalam menggunakan sistem informasi UACC secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai signifikansi uji t kurang dari 0,05. Selain itu dapat dilihat bahwa variabel isi, bentuk, akurasi, ketepatan waktu dan kemudahan dalam menggunakan sistem informasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pengguna sistem informasi UACC di FEB, dengan kontribusi sebesar 82,8% dan sisanya sebesar 17,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini. Dari lima variabel EUCS, variabel ease of use memiliki pengaruh yang paling besar terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t hitung sebesar 3,352, diikuti oleh accuracy (3,325), content (2,649), format (2,564), dan timeliness (2,443).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.154/16 Gun p
Uncontrolled Keywords: UACC, EUCS, regresi linier berganda
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.D3 Database management and System design
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Computer networks and Data transmission systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ARDI GUNAWAN, 040810387UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIsnalita, Dra., M.si., Ak., CMA., CAUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 26 May 2016 03:17
Last Modified: 19 Jun 2017 16:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30663
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item