PENGEMBANGAN MODEL USER ACCEPTANCE TERHADAP E-HEALTH BERBASIS JEJARING SOSIAL (SEBUAH PENELITIAN EMPIRIS YANG MENJABARKAN PERAN FAKTOR SOSIAL TERHADAP PENERIMAAN SEBUAH TEKNOLOGI)

ADITHYA SUDIARNO, 090970821 (2013) PENGEMBANGAN MODEL USER ACCEPTANCE TERHADAP E-HEALTH BERBASIS JEJARING SOSIAL (SEBUAH PENELITIAN EMPIRIS YANG MENJABARKAN PERAN FAKTOR SOSIAL TERHADAP PENERIMAAN SEBUAH TEKNOLOGI). Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2014-sudiarnoad-32608-9.abstr-k.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s3-2014-sudiarnoad-32608-Fk.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berkembangnya teknologi web 2.0 membuka kesempatan untuk memanfaatkan SNS (Social Network Sites) sebagai wujud aplikasi e-health, khususnya sebagai media berbagi pengetahuan. Pada facebook terdapat sebuah grup yang aktif berbagi pengetahuan tentang kesehatan, yaitu Grup Aku Ingin Hamil (AIH). Mempelajari potensi yang besar pada Grup AIH, terdapat hal menarik yang perlu diteliti, yaitu apakah yang melatarbelakangi kesediaan seseorang (user acceptance) dalam menggunakan e-health berbasis jejaring sosial sebagai media berbagi pengetahuan? Disertasi ini bertujuan untuk mengembangkan model user acceptance dengan mengedepankan aspek socio-technical system sebagai unsur kebaruan. Disertasi ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) sebagai backbone utama model yang diusulkan. Pengembangan TAM dilakukan dengan cara menambahkan external variable TAM dan integrasi dengan Innovation Diffusion Theory (IDT), khususnya karakteritik inovasi enjoyment. Terdapat empat buah model yang diuji pada disertasi ini, yaitu orisinal TAM, extended TAM, integrated TAM, dan extended-integrated TAM. Sebanyak 215 responden berhasil dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner online. Berdasarkan pengujian menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) diketahui bahwa extended-integrated TAM menjadi model terbaik dalam menjelaskan user acceptance. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor sosial (berupa kesamaan tujuan, kepercayaan interpersonal, dan ikatan sosial) dan adanya enjoyment sangat berperan dalam mempengaruhi penerimaan e-health berbasis jejaring sosial. Secara khusus, disertasi ini juga menemukan hal baru di mana kesamaan tujuan mempengaruhi ikatan sosial dan mempengaruhi munculnya enjoyment. Jalur kritis dalam rangka menjamin user acceptance adalah kesamaan tujuan, enjoyment, usefulness, intention to use, dan akhirnya diwujudkan dalam penggunaan aktual e-health. Oleh karena itulah pada intervensi aplikasi e-health berbasis jejaring sosial sebagai media berbagi pengetahuan, faktor kesamaan tujuan dan enjoyment merupakan hal mendasar yang perlu diperhatikan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK DIS. IK 21-14 Sud p
Uncontrolled Keywords: user acceptance, TAM, enjoyment, berbagi pengetahuan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology(General)
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ADITHYA SUDIARNO, 090970821UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorStefanus Supriyanto, Prof.,Dr.,dr.,MSUNSPECIFIED
ContributorHari Basuki Notobroto, Dr.,dr.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 09 Sep 2016 01:24
Last Modified: 09 Sep 2016 01:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32864
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item