PERANCANGAN STRATEGI E-MARKETING UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS FRIGYD PADA CV DINAR JAYA ABADI

IRAWAN ARDIANSYAH, 041314353044-MM (2015) PERANCANGAN STRATEGI E-MARKETING UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS FRIGYD PADA CV DINAR JAYA ABADI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-ardiansyah-39739-9.abstr-k.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ARDIANSYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Meningkatnya jumlah penggunaan internet di kalangan anak muda, menciptakan tren pemasaran baru bagi para marketer di Indonesia. Hal ini terlihat dari semakin maraknya bermunculan brand-brand fashion baru (indie) yang bahkan tidak memiliki toko fisik. Di sisi lain, pelaku UKM yang memiliki budget minim dituntut harus melakukan promosi, meningkatkan jumlah customer dan juga mempertahankan loyalitas dari customer yang ada guna meningkatkan volume penjualan mereka. Salah satu pelaku UKM Surabaya di bidang garmen yaitu CV. Dinar Jaya Abadi dengan brand miliknya yang bernama Frigyd, selama ini cenderung masih bermain di pasar B2C melalui promosi offline. Melihat dari fenomena perubahan perilaku konsumen yang cenderung online maka strategi apakah yang sebaiknya dilakukan Frigyd untuk brand awareness sehingga dapat memperluas pasar yang nantinya dapat menaikkan nilai omzet perusahaan. Dengan usulan strategi e-marketing yang tepat diharapkan dapat membantu Frigyd dalam mengambil langkah ke depan. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berdasarkan analisis analisi SWOT dan dilanjutkan menggunakan penilaian faktor EFAS dan IFAS. Data yang digunakan adalah data dari hasil wawancara dengan pihak internal perusahaan ditambah data dokumen, wawancara customer dan data observasi terhadap kompetitor. Populasi dalam penelitian ini meliputi pihak customer yaitu 7 pelanggan loyal Frigyd. Pihak internal yang diwawancarai adalah pemilik dan manajer marketing. Hasil analisis menunjukkan bahwa keadaan internal saat ini masih kurang bagus dalam hal promosi online dibandingkan kompetitor. Frigyd perlu memperluas daerah pemasaran untuk meningkatkan jumlah konsumen. Dengan cara serius mengembangkan pemasaran dengan memanfaatkan media online yang sudah ada seperti fitur Google Business, jejaring sosial dan juga membuat sebuah website khusus untuk e-commerce. Dan dengan memberikan informasi via online terkait kualitas produk Frigyd yang edukatif dan beberapa tips fashion kepada customer (soft selling). Melalui hubungan kerjasama dengan para reseller, agen, customer yang sudah ada sehingga dapat terjalin komunikasi yang interaktif dan berorientasi kepada loyalitas customer.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 75/15 Ard p
Uncontrolled Keywords: E-marketing, e-marketing strategy, brand awareness, garment company, online business, custom clothes, clothings
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.2-62.8 Management of special enterprises
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
IRAWAN ARDIANSYAH, 041314353044-MMUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorGANCAR CANDRA PREMANANTO, Dr. SE., Msi.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 20:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33905
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item