Analisis Pengaruh Source Credibility dan Argument Quality pada Electronic Word-of-Mouth Terhadap Consumer Trust dan Dampaknya pada Hotel Booking Intentions

AGNES KHARISMA MITRA SOFIANTI, 041224353060 (2015) Analisis Pengaruh Source Credibility dan Argument Quality pada Electronic Word-of-Mouth Terhadap Consumer Trust dan Dampaknya pada Hotel Booking Intentions. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2016-sofiantiag-40257-9.abstr-k.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder20.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi internet, dunia bisnis memasuki era di mana pemasaran menjadi lebih murah dan mudah di akses. Terutama pada industri hospitality, ulasan online (review) menjadi acuan yang digunakan calon konsumen sebagai tambahan informasi untuk memperkuat pengambilan keputusan hotel yang akan dipilih. Ulasan konsumen elektronik atau electronic word-of-mouth (eWOM) pada mulanya di kenal sebagai pemasaran dari mulut ke mulut (traditional word of mouth). Komunikasi eWOM telah menjadi faktor penting dalam pembentukan perilaku konsumen. Bagaimana konsumen bisa percaya pada sumber pemberi pesan dan percaya pada isi dalam komunikasi eWOM tersebut sehingga dapat menghasilkan keputusan pembelian (Urban, Amyx, dan Lorenzon., 2009). Trust pada komunikasi eWOM menjadi komponen yang penting. Sehingga dirumuskan 5 variabel yang digunakan yaitu eWOM, Source Credibility, Argument Quality, Consumer Trust dan Hotel Booking Intentions. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Source Credibility pada eWOM terhadap Consumer Trust dan Hotel Booking Intentions, menganalisa pengaruh Argument Quality pada eWOM terhadap Consumer Trust dan Hotel Booking Intentions serta mengetahui pengaruh Consumer Trust pada Hotel Booking Intentions. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Model diuji secara empiris dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang pengguna TripAdvisor. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) untuk dapat menjelaskan hubungan kausalitas antara variabel yang dikembangkan dalam model penelitian ini. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Source Credibility pada eWOM dengan Consumer Trust dan Hotel Booking Intentions, variabel Argument Quality pada eWOM dengan Consumer Trust dan Hotel Booking Intentions, namun variabel Consumer Trust tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Hotel Booking Intentions.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 87/15 Sof a
Uncontrolled Keywords: Electronic word-of-mouth, Source Credibility, Argument Quality, Consumer Trust, Hotel Booking Intentions.s
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.2-62.8 Management of special enterprises
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
AGNES KHARISMA MITRA SOFIANTI, 041224353060UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSRI GUNAWAN, DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 23 Oct 2016 19:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33992
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item