ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WISATAWAN MANCANEGARA DATANG KE PULAU BATAM

Anwar Ujang, 090114651M (2006) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WISATAWAN MANCANEGARA DATANG KE PULAU BATAM. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2007-ujanganwar-3857-te1707-t.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
34165.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Batam sebagai salah satu Kota di Kabupeten kepulauan Riau merupakan kota yang menjadi kunjungan wisatawan baik dari negara-negara Eropa maupun Asia. Yang menjadi daya tarik wilayah ini adalah Ietak yang strategis yang relative dekat dengan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina dan Australia. Wisatawan menjadi objek penelitian yang permasalahan utamanya adalah apakah fasilitas hotel, restoran, travelling dan promosi berpengaruh secara signifiksn terhadap wisatawan mancanegara datang ke Pulau Batam. Sehubungan tujuan utama penelitian ini di lakukan adalah menganalisis pengaruh signifikan bagi hotel, restoran, traveling dan biaya promosi terhadap jumlah wisatawan mancanegara datang ke Batam., dengan melihat beberapa penelitian yang berhubungan dengan aspek kepariwisataan serta konsep teori dari beberapa peneliti sebelumnya. Dari pengalaman Pendit (1999, 1), menjelaskan ada empat factor yang berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah wisatawan yang datang pada daerah tujuan. Maka empat variabel ini oleh penulis dijadikan variable independen dalam penelitian yang diterapkan di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan hipotesis yang memiliki empat variable Independen dan satu variable dependen. Hotel, restoran, travelling serta biaya promosi merupakan variable Independen, yang diukur dengan melihat pertumbuhan jumlahnya per triwulan per tahun. Berbeda dengan promosi sebagai salah satu variable independent diukur dengan berapa besarnya uang yang dianggarkan pertriwulan per tahun. Sehubungan dengan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini, menerapkan penelitian kepustakaan dengan megumpulkan data kuntitatif dan kualitatif apakah dari data primer dan sekunder yang dianalisis dengan mwlihat hasil regresi linier, yang pengolahannya menggunakan paket program SPSS. Analisis regresi ini akan dapat menjelaskan apakah masing-masing variabel independen tersebut berpengaruh secara signifikan pada variabel dependen. Dalam empat variabel independen tersebut, melalui regresi akan nampak variabel mana yang lebih berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Batam. Dalam menganalisis persepsi yang dihipotesiskan, dipersiapkan suatu model atau pormula untuk melihat pengaruh tersebut, adalah sebagai berikut. Y = a+b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4 Hal ini; Y = Total wisatawan yang masuk dengan jumlah orang. X1 = Fasilitas hotel dalam ukuran jumlah hotel X2 = Fasilitas restoran dalam ukuran jumlah restoran X3 = Fasilitas traveling dalam ukuran jumlah biro perjalanan X4 = Promosi yang dilakukan dalam ukuran jumlah dana yang digunakan a = Konstant., B1....4 = Koofesien regresi. Analisis dari hasil penelitian ini untuk ternyata variable X1 dalam Descriptive Statistik ditemukan Mean (rata) jumlah hotel di Batam adalah 132.25 dan standar deviationnnya 14.18 dengan n 40. Pengaruh antara pertumbuhan hotel dan wisatawan ternyata sangat kuat, dimana dari analisis regresi ditemukan nilai signifikansi dari pengaruh jumlah hotel adalah 0.01, Artinya dari analisis regresi, apa yang dihipotesiskan dapat dinyatakan signifikan. Variabel X2 dalam descriptive sattistik, analisis pengaruh pertumbuhan restoran terhadap wiatawan manca negara yang masuk dalam n 40, mean (rata-rata) jumlah restoran adalah 161.6250, dan standard deviationnya adalah 30.5838. Dari analisis regresi dalam melihat pengaruh pertumbuhan restoran, nilai signifikansinya adalah 0,454. Dari nilai ini ternyata dapat kita jelaskan bahwa apa yang dihipotesiskan dalam melihat pengaruh pertumbuhan restoran dapat dinyatakan di tolak, atau dengan kata lain tidak berpengaruh terhadap jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Batam. Dengan demikian dari hasil regresi ini dinyatakan tidak signifikan. Variabel X3 dari hasil penelitian ini, descriptive statistic untuk variabel traveling atau biro perjalanan, mean (rata-rata) traveling adalah 111.2250 dan standard deviationnya adalah 50.4922. Analisis regresi dalam melihat pengaruh pertumbuhan traveling, ditemukan nilai signifikansinya adalah 0,215. dari nilai ini dapat dikatakan bahwa apa yang dihipotesiskan dalam melihat pengaruh pertumbuhan traveling, dapat dinyatakan di tolak. Artinya dengan pertambahnya jumlah traveling tidak ada pengaruhnya pada jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Batam. Dengan demikian dari hasil regresi dapat dinyatakan tidak signifikan. Terhadap variable X4 analisis yang dilakukan dari hasil penelitian ini menyatakan bahwa biaya promosi merupakan variable penting yang punya pengaruh pada jumlah wisatawan mancanegara datang ke Batam. Dari descriptive statistic, mean (rata-rata) biaya promosi adalah 279.2500 dan standard deviationnya adalah 184.2641. Kalau kita melihat hasil regresi dari penelitian ini, nilai signifikansi dari pengaruh pertumbuhan jumlah biaya yang dikeluarkan untuk promosi kepariwisataan adalah 0,04. Dengan demikian dapat kita artikan bahwa apa yang di hipotesiskan tentang pengaruh besarnya biaya promosi dapat dinyatakan di terima, dan pengaruhnya dapat dikatakan signifikan. Dari analisis regresi yang dijelaskan diatas dapat kita simpulkan bahwa dari empat variabel independen yang mempengaruhi wisatawan mancanegara datang ke Batam, hanya dua variabel yang punya pengaruh signifikan, antara lain adalah variabel hotel dan biaya promosi. Dan dari dua variabel ini yang sangat berpengaruh secara signifikan adalah Pertumbuhan hotel yakni 0.01.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 17/07 Uja a
Uncontrolled Keywords: Good Government is Government have leader knows to do what his planning, and to plan what to do
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT321-325 The city as an economic factor. City promotion
Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Anwar Ujang, 090114651MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMuslich Anshori, DR.,SE.,M.SC.,AKUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 13 Jun 2017 17:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34165
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item