PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CALISTUNG DENGAN BERBASIS PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI BACA-TULIS-HITUNG SISWA RAUDLATUL ATHFAL KELAS A MUSLIMAT NU XI MALANG

Mirta Ratri Arini, 090415314M (2006) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CALISTUNG DENGAN BERBASIS PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI BACA-TULIS-HITUNG SISWA RAUDLATUL ATHFAL KELAS A MUSLIMAT NU XI MALANG. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-arinimirta-6468-01906a-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan pada RA Muslimat NU XI Malang, mengenai bagaimana merancang suatu pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan potensi baca, tulis, hitung siswa tanpa membuat siswa menjadi terbebani dan dilakukan dengan perasaan yang senang. Teori yang dirujuk sebagai dasar dalam mengatasi permasalahan, adalah teori Piaget mengenai pembelajaran bagi anak, yaitu bahwa dalam memberikan pembelajaran bagi anak seharusnya perlu untuk mendiagnosa tahapan perkembangan anak yang diajar, serta mengacu pada aktivitas yang dapat mengembangkan kemampuan anak secara bertahap, sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif dan sensorimotornya. Selain itu agar pendekatan dalam pembelajaran pada anak mengacu pada Diknas (2002), yaitu berorientasi pada kebutuhan anak, belajar melalui bermain, kreatif dan inovativ, lingkungan kondusif, menggunakan pembelajaran terpadu, mengembangkan keterampilan hidup, menggunakan berbagai media dan sumber belajar, pembelajaran yang berorientasi pada prinsip-prinsip perkembangan anak, serta stimulasi terpadu. Berdasarkan hasil pengumpulan data terlihat bahwa guru kelas A di RA Muslimat NU XI Malang masih belum menerapkan pembelajaran yang berbasis pendidikan anak usia dini dalam memberikan materi pembelajarannya, khususnya pada materi baca, tulis, hitung. Pembelajaran yang diberikan guru pada siswa cenderung bersifat skolastik, di mana siswa menjadi pasif, kreatifitas dan inisiatifnya kurang, serta minat belajar yang rendah. Melihat permasalahan yang ada penulis memutuskan untuk memberikan pembelajaran CALISTUNG dengan berbasis perkembangan anak usia dini, yaitu dengan menumbuhkan motivasi siswa untuk gemar membaca, menulis, berhitung, mengenalkan bentuk-bentuk huruf, mempersiapkan kemampuan menulis, mengenalkan konsep dan lambang bilangan, yang diberikan pada siswa melalui metode-metode yang tidak memberatkan dan menyenangkan bagi siswa. Dengan adanya pembelajaran ini diharapkan siswa dapat meningkatkan potensi dan minat pada baca, tulis, hitung. Pembelajaran ini masih belum terlalu maksimal dalam memberikan perubahan dan manfaat yang lebih besar, untuk itu saran yang diberikan adalah agar penelitian yang sejenis dapat mendesain suatu pembelajaran dengan metodologi yang lebih sistematik dan lebih menarik, sehingga lebih dapat menstimulasi aspek pengembangan anak yang lebih beragam.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB Psyco Corner 019/06 Ari p
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Calistung; Perkembangan Anak; Usia Dini; Potensi; Baca; Tulis; Hitung
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ767.8-792.2 Children. Child development
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Mirta Ratri Arini, 090415314MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDewi RetnoSuminar, Dra.,M.SiUNSPECIFIED
ContributorNur Ainy Fardana, S.Psi.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 05 Jun 2017 22:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34206
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item