APLIKASI METODE ACCELERATED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV ANAK CERDAS ISTIMEWA SDN KENDANGSARI I SURABAYA

ASTRI ADITYA GRAFIA, 090515521M (2006) APLIKASI METODE ACCELERATED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV ANAK CERDAS ISTIMEWA SDN KENDANGSARI I SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-grafiaastr-6450-014_07a-k.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
gdlhub-gdl-s2-2008-grafiaastr-6450-014_07-HLM DPN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-grafiaastr-6450-014_07FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
gdlhub-gdl-s2-2008-grafiaastr-6450-014_07LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Intervensi yang dilakukan bertujuan untuk mengatasi permasalahan siswa di kelas IV Anak Cerdas Istimewa (ACI) SDN Kendangsari I Surabaya, mengenai bagaimana merancang metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar tanpa membuat siswa terbebani dan dilakukan dengan perasaan yang senang serta suasana belajar yang lebih menyenangkan. Teori yang dirujuk sebagai dasar dalam mengatasi permasalahan adalah teori Piaget mengenai pembelajaran bagi anak, yaitu dalam memberikan pembelajaran seharusnya perlu mendiagnosis tahap perkembangan, mengacu pada aktivitas yang mengembangkan berbagai aspek kecerdasan, dan sesuai potensi serta karakteristik yang ada pada diri anak. Selain itu pembelajaran anak cerdas istimewa mengacu pada Diknas (2003), yaitu alokasi waktu disesuaikan bagi potensi kecerdasan anak, pilihan materi yang esensial, proses belajar yang menekankan pengembangan berpikir tingkat tinggi, sarana dan prasarana yang digunakan, lingkungan belajar, dan pengelolaan kelas yang mengacu pada kebutuhan dan karakteristik anak cerdas istimewa. Berdasarkan hasil pengumpulan data terlihat bahwa proses belajar belum diikuti dengan keaktifan siswa, khususnya dalam merangsang potensi kecerdasan yang dimiliki siswa. Pembelajaran cenderung berfokus pada aspek kognitif, di mana siswa menjadi kurang aktif dan akhirnya menurunkan tingkat motivasi belajar siswa. Melihat permasalahan yang ada peneliti tnemutuskan untuk memberikan metode accelerated teaching pada siswa kelas IV ACI, yaitu membuat proses pembelajaran menjadi efisien, efektif, dan menyenangkan. Metode accelerated teaching adalah konsep belajar efektif agar siswa lebih cepat dan mudah memahami materi. Landasan pemikiran accelerated teaching adalah bahwa manusia memiliki kecerdasan majemuk dan gaya belajar. Dengan pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dalam diri siswa. Pembelajaran ini belum maksimal memberikan perubahan dan manfaat yang Iebih besar, untuk itu diberikan saran agar penelitian sejenis dapat merancang modul pembelajaran yang lebih sistematik dan menarik, sehingga lebih menstimulasi potensi kecerdasan khususnya kreativitas siswa sebagai anal cerdas istimewa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB Psycho Corner 014/07 Gra a
Uncontrolled Keywords: Metode accelerated teaching; motivasi belajar; Kelas anak cerdas
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA11-14 Study and Teaching, Research
Q Science > QA Mathematics > QA16-20 Special Teaching Methods and Aids
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
ASTRI ADITYA GRAFIA, 090515521MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNono H. Yoenanto,, S.Psi.,M.PdUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 08 Jun 2017 19:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34278
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item