KONSTRUKSI SOSIAL SUAMI TERHADAP ISTRI BEKERJA DALAM KELUARGA MUSLIM (STUDI KASUS PADA KALANGAN DOSEN IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA)

REFTI HANDINI LISTYANI, 090610650M (2008) KONSTRUKSI SOSIAL SUAMI TERHADAP ISTRI BEKERJA DALAM KELUARGA MUSLIM (STUDI KASUS PADA KALANGAN DOSEN IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
USULAN PENELITIAN - gdlhub-gdl-s2-2009-handinilis-9903-ts0709.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2009-handinilis-9903-ts0709.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan konstruksi sosial suami terhadap makna istri bekerja dilatarbelakangi oleh pemikiran mengapa pada keluarga-keluarga santri (semakin) banyak warga perempuannya, khususnya istri yang bekerja dan mengembangkan karirnya di ruang publik. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Memahami tentang makna istri bekerja di ruang publik bagi suami pada keluarga santri. 2) Mengkaji jika ada perbedaan pemaknaan terhadap istri bekerja antara satu keluarga dengan keluarga yang lain. 3) Mendeskripsikan bentuk perbedaan pemaknaan tersebut dan apa yang melatarbelakanginya. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif. Landasan teoritis yang digunakan adalah teori-teori yang termasuk dalam paradigma definisi sosial. Teori-teori tersebut adalah teori konstruksi sosial, teori perubahan sosial dan teori hegemoni patriarki. Untuk mengumpulkan data, metode yang dipakai adalah wawancara mendalam. Sesuai dengan tujuan penelitian, yang menjadi informan adalah dosen laki-laki IAIN Sunan Ampel Surabaya yang memiliki istri bekerja di ruang publik. Sedangkan penentuan informan dilakukan secara purposif, dengan maksud akhir tercapainya tujuan penelitian. Temuan yang didapatkan dari penelitian ini adalah: Pertama, ada tiga kelompok suami dengan pemaknaan yang berbeda terhadap istrinya yang bekerja. Mulai dari yang cenderung konservatif, moderat dan sangat liberal. Kedua, studi ini memperlihatkan bahwa religiusitas suami berkaitan dengan pemaknaan mereka terhadap istrinya yang bekerja di ruang publik meski sifatnya yang tidak lagi tekstual tetapi kontekstual.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK- 2 TS 07/ 09 Lis K
Uncontrolled Keywords: Keluarga Santri, Makna, Istri Bekerja, Suami
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
REFTI HANDINI LISTYANI, 090610650MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMustaín Mashud, Dr., MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 15 Oct 2016 01:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34644
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item