PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI PADA BIDANG KEBERSIHAN DAN LINGKUNGAN HIDUP DINAS PEKERJAAN UMUM DAN LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN JEMBRANA

I GST. PT. NCR. DARMA PUTRA, 090210317 L (2005) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI PADA BIDANG KEBERSIHAN DAN LINGKUNGAN HIDUP DINAS PEKERJAAN UMUM DAN LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN JEMBRANA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-putraigstp-1939-kkbkk-2-k.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-putraigstp-1939-tps200-p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam rangka menciptakan Budaya Organisasi yang baik, maka upaya yang dilakukan Bidang Kebersihan dan Lingkungan Hidup Dinas Pekerjaan umum dan Lingkungan Hidup Kabupaten Jembrana adalah meningkatkan sumber daya manusia yang andal. Peningkatan tersebut dilakuan dengan memotivasi pegawai, dengan harapan pegawai yang termotivasi segala permasalahan di Dinas diharapkan dapat terselesaikan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh variabel budaya organisasi yang terdiri dari komunikasi, prilaku kreatif dan inovatif, Reward (imbalan), orientasi pada pelanggan dan team work terhadap motivasi kerja pegawai pada Bidang Kebersihan dan Lingkungan Hidup Dinas Pekerjaan Umum dan Lingkungan Hidup Kabupaten Jembrana. Penelitian ini termasuk kategori penelitian eksplanatoris. Populasi penelitian berjumlah 143 orang yang merupakan seluruh pegawai yang berada pada Bidang Kebersihan dan Lingkungan Hidup Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jembrana, dengan demikian dalam penelitian ini, seluruh populasi menjadi obyek penelitian. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah komunikasi, Perilaku kreatif dan inovatif, reward (imbalan), orientasi pada pelanggan dan team work. Sedangkan variabel tergantung adalah motivasi kerja. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Skala pengukuran adala skala 0 sanpai 4. Uji fisibilitas dilakukan pada 5 orang responden dari Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan lingkungan Hidup Kabupaten Jembrana. Sedangkan pengujian Validitas reliabilitas ini dilakukan pada 30 orang responden sebelum dilakukan penelitian yaitu pada Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Lingkungan Hidup Kabupaten Jembrana. Teknik analisa data dengan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai pengujian ada pengaruh budaya organisasi secara bersama-sama terhadap motivasi kerja dengan besarnya konstribusi adalah 32,2 %. Konstribusi budaya organisasi ditentukan oleh variabel yang mempunyai pengaruh secara parsial yaitu prilaku kreatif dan inovasi, orientasi pada pelanggan, dan team work. Adanya pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi kerja menunjukkan bahwa budaya organisasi yang dikembangkan pada Bidang Kebersihan dan Lingkungan Hidup Dinas Pekerjaan Umum dan Lingkungan Hidup ikut andil dalam membentuk motivasi kerja pegawai. Saran yang dapat disampaikan adalah pegawai diberi kesempatan besar untuk mengembangkan kreativitas dan inovasinya dalam bekerja, dengan cara pegawai diberi kesempatan untuk menyelesaikan permasalahan dan tantangan pekerjaan yang timbul dengan membuat rancangan kerja dan job description kerjanya. Dan perlu upaya agar team work yang efektif serta menangani konflik kelompok atau manajemen konflik. Agar bukan menjadi faktor yang menurunkan motivasi kerja pegawai.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS 20/06 Dar p
Uncontrolled Keywords: organization culture, communication, crative and innovative, rewards, customer orientation, teamwork, employees working motivation.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences > GE300-350 Environmental management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > PSDM
Creators:
CreatorsEmail
I GST. PT. NCR. DARMA PUTRA, 090210317 LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSunarjo, Dr.,dr.,MS.,M.ScUNSPECIFIED
ContributorAlisjahbana, Ir.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2016
Last Modified: 06 Jun 2017 20:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36135
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item