PROGRAM PELATIHAN PENGENALAN PRINSIP - PRINSIP KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) BAGI GURU SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) BINA INSANI KEDIRI

Imron Muzakki, 090315166M (2006) PROGRAM PELATIHAN PENGENALAN PRINSIP - PRINSIP KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) BAGI GURU SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) BINA INSANI KEDIRI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-muzakkiimr-3339-psycoco-k.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-muzakkiimr-3339-psycoco-5.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui perubahan pemahaman guru SDIT Bina Insani Kediri tentang prinsip-prinsip KBK setelah mengikuti pelatihan pengenalan prinsip KBK. Semenjak KBK diterapkan di beberapa sekolah, termasuk di SDIT Bina Insani Kediri, muncul beberapa kendala, salah satunya adalah belum komprehensifnya pemahaman mereka tentang prinsip KBK, diantaranya tentang dengan sistem penilaian dan model pembelajaran. Namun demikian, masih minimnya pemahaman tentang hal yang mendasar seperti pengertian tentang kurikulum, kompetensi dan prinsip pembelajaran menjadikan guru kurang mendalam memahami KBK. Konsep yang di rujuk untuk mendukung penyampain materi pelatihan adalah pengertian tentang kurikulum, kompetensi (Green, 1999) dan ciri-ciri individu memiiiki kompetensi, model pembelajaran KBK yang lebih banyak dipengaruhi oleh konsep konstruktivisme, baik yang berasal dari Konstruktivisme Kognitif milik Piaget dan Konstruktivisme Sosial dari Vygotsky. Konsep lain adalah Mastery Learning (pembelajaran tuntas) yang mendasari pendekatan sistem penilaian dalam KBK, serta bentuk penilaian yang mampu untuk mengungkap penguasaan kompetensi, baik yang ada pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil dari assessment yang dilakukan terhadap guru SDIT Bina Insani Kediri. bahwa pemahaman mereka tentang KBK masih belum lengkap. Mereka hanya mengenal bagian-bagian dari KBK, tidak menyeluruh dan mendalam. Mereka kurang memahami prinsip yang mendasar tentang kompetensi dan pendekatan model pembelajaran. Pelatihan pengenalan prinsip KBK sebagai bentuk intervensi pemecahan masalah yang dihadapi guru SDIT Bina Insani mendapat respon yang cukup positif. Namun dari sisi waktu penyelenggaraan, mereka masih merasakan adanya kekurangan. Melaui hasil dari pre tes dan pos tes, dapat diketahui adanya perubahan peningkatan pemahaman yang dialami guru SDIT Bina Insani tentang prinsip KBK dan sistem penilaian setelah mengikuti pelatihan. Pelatihan ini akan jauh lebih efektif jika materi lebih aplikatif dengan banyak praktek dan waktunya ditambah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Psyco Corner 018/05 Muz p
Uncontrolled Keywords: Program pelatihan;KBK ( Kurikulum berbasis kompeensi ); Guru SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2361-2365 Curriculum
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Pendidikan
Creators:
CreatorsNIM
Imron Muzakki, 090315166MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad Zainudin, Prof. DrUNSPECIFIED
Thesis advisorHamidah, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 06 Jun 2017 18:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36213
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item