PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI SALAH SATU ALAT PENILAIAN KINERJA MANAJER : STUDI KASUS PADA PT. TELKOM Tbk, KANDATEL Surabaya Timur.

DIAN KURNIATI, 040214295 E (2006) PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI SALAH SATU ALAT PENILAIAN KINERJA MANAJER : STUDI KASUS PADA PT. TELKOM Tbk, KANDATEL Surabaya Timur. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-kurniatidi-3002-a22506.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-kurniatidi-3002-a22506.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini, tantangan yang dihadapi oleh setiap badan usaha semakin berat. Hal itu menunjukkan semakin ketatnya persaingan dalam dunia usaha karena tuntutan biaya yang rendah dan mutu pelayanan yang baik dan cepat adalah merupakan keinginan yang pokok. Salah satu alat pengendalian biaya yang dapat digunakan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Kandatel Surabaya Timur dalam membantu manajer mengelola dan mengalokasikan cumber daya ekonomis perusahaan secara efektif dan efisien adalah akuntansi pertanggungjawaban. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang dibutuhkan meliputi data kualitatif dan data kuantitatif periode tahun 2005. Data-data yang diperoleh tersebut akan diolah berdasarkan elemen¬elemen yang ada dalam akuntansi pertanggungjawaban pada PT. TELKOM Tbk, Kandatel Surabaya Timur sebagai dasar dalam penilaian kinerja manajer pusat pertanggungjawaban. Hasil analisis menunjukkan bahwa akuntansi pertanggungjawaban telah diterapkan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Kandatel Surabaya Timur. Hal ini dibuktikan dengan adanya struktur organisasi yang disertai job description untuk masing-masing bagian sebagai bentuk adanya pembagian tugas, wewenang, dan tanggung jawab dari atasan kepada bawahan. Penyusunan anggaran juga melibatkan partisipasi aktif dari tiap jenjang karyawannya. Dalam pengkodean rekening biaya PT. TELKOM Tbk, Kandatel Surabaya Timur melakukan metode klasifikasi biaya berdasarkan jenis biayanya, walaupun demikian belum ada pemisahan antara biaya terkendali dan biaya tidak terkendali. Penyusunan laporan pertanggungjawaban disusun setiap bulan sekali oleh masing-masing bagian sebagai bentuk pertanggungjawaban dengan membandingkan antara anggaran yang telah ditetapkan dengan realisasinya dalam meaakukan efisiensi biaya yang digunakan untuk mengukur kinerja manajer pusat pertanggungjawaban tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.225/06 Kur p
Uncontrolled Keywords: RESPONSIBILITY ACCOUNTING; MANAGEMENT, penilaian kinerja manager
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
DIAN KURNIATI, 040214295 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSOEGENG SOETEDJO, Dr. H., SE., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 27 Nov 2006 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 18:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/365
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item