STRATEGI PROMOSI WISATA PULAU BAWEAN MELALUI EVENT FESTIVAL MOLOD BAWEAN

Nur Maghfirah Aesthetika, 071046008 (2012) STRATEGI PROMOSI WISATA PULAU BAWEAN MELALUI EVENT FESTIVAL MOLOD BAWEAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-aesthetika-27528-6.--abst-t.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
20.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pariwisata menjadi salah satu sektor sumber ekonomi sebuah daerah. Wisata dapat memberikan beberapa keuntungan bagi sebuah daerah diantaranya adalah membangun perekonomian daerah dan membuka lapangan kerja untuk anak daerahnya. Otonomi daerah membuat tiap-tiap daerah berlomba untuk meraih pasar wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata yang ada didaerahnya. Upaya pamasaran daerah tidak hanya dapat dilakukan oleh pemerintah daerah, tetapi juga dapat muncul dari insiatif masyarakat daerah itu sendiri. Upaya pemasaran daerah dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. IMC atau Integrated Marketing Communication adalah sebuah konsep pamasaran yang didalamnya terdapat beberapa cara upaya promosi. Diantaranya adalah upaya Public Relation. Dalam menciptakan dan membangun image, upaya Public Relation juga mempunyai beberapa strategi promosi. Event Marketing adalah salah satu upaya marketing melalui Public Relation. Event sebuah media pemasaran dimana pihak penjual dapat mengundang sekelompoh masyarakat yang merupakan sasaran pasarnya untuk memperkenalkan produknya. Dalam hal pemasaran daerah, objek wisata, kesenian dan budaya dapat berperan sebagai produk yang dipasarkan dalam wisata sebuah daerah. Pengemasan sebuah event yang sesuai dengan event marketing process dapat menjadikan sebuah event yang lebih efektif. Festival budaya dimana dapat menjadi event marketing sebuah daerah menampilkan budaya asli masyarakat daerah dengan segala keunikan dan daya tariknya. Festival Molod Bawean yang merupakan kemasan budaya perayaan Maulid Nabi oleh masyarakat Bawean dengan ciri khasnya terdapat bherkat angkatan menjadi produk yang ditawarkan. Pengemasan acara religi yang dirangkai dengan penampilan kesenian dan pengenalan alam Bawean menjadi produk yang ditawarkan oleh penyelenggara event dalam upaya mempromosikan Pulau Bawean menjadi sebuah tujuan wisata baik itu alam maupun budaya. Tercapainya pengunjung yang diharapkan datang dalam festival ini, menjadi alasan keberhasilan penyelenggaraan Festival Molod Bawean 2011. Dan diharapkan Festival ini menjadi event tahunan dan menjadi salah saru strategi promosi wisata Pulau Bawean.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.11/12 Aes s
Uncontrolled Keywords: IMC, Promotion, Event Marketing, Festival, Pulau Bawean
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Nur Maghfirah Aesthetika, 071046008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMusta'in Mashud, Prof., Dr., Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 2016
Last Modified: 05 Jun 2017 20:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36960
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item