WACANA ISU-ISU PUBLIK LOKAL DALAM MEDIA CETAK (Analisis Wacana Isu-isu Publik Lokal Dalam Rubrik Tapaleuk di Media Cetak Pos Kupang Periode Januari s/d Maret 2010)

Yosef Kurniawan Ukar, 090810244 (2011) WACANA ISU-ISU PUBLIK LOKAL DALAM MEDIA CETAK (Analisis Wacana Isu-isu Publik Lokal Dalam Rubrik Tapaleuk di Media Cetak Pos Kupang Periode Januari s/d Maret 2010). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2011-ukaryosefk-19579-tsk081-k.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2011-ukaryosefk-16343-tsk0811.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini merupakan sebuah kajian eksplorasi wacana dari teks rubrik editorial Tapaleuk di media cetak Pos Kupang. Di mana, yang menjadi fokus dalam kajiannya adalah (1) eksplorasi wacana dari teks rubri Tapaleuk; (2) analisis sudut/angel yang digunakan wartawan dalam mengkonstruk peristiwa dalam mengarahkan opini publik; (3) kajian tentang kaitan antara realitas mikro/teks dengan realitas makro/masyarakat; dan (4) kosep lokalitas dari fokus yang dikaji yaitu peristiwa, permasalahan dan atau isu publik lokal yang diangkat dalam teks rubrik Tapaleuk tersebut. Unsur lokal yang digunakan wartawan sebagai strategi dalam menggambarkan berbagai realitas sosial ke dalam teks tersebut adalah bahasa lokal yaitu Bahasa Melayu Kupang. Teori-teori yang digunakan dalam mengupas fokus kajian dalam studi ini antara lain peran media massa, globalisasi media massa – global, nasional dan lokal. sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode analisis tekstual (Textual Analisys) dengan pendekatan analisis wacana Teun A. van Dijk dalam mengeksplor wacana yang menjadi fokus kajian dalam studi ini. Van Dijk mengemukakan tiga tahapan analisis yang harus dilakukan dalam melihat konstruksi bangunan wacana yaitu analisis korpus teks, analisis kognisi sosial (pembuat teks/wartawan) dan analisis sosial/bagaimana konstruksi wacana dibangun dalam masyarakat. Hasil dari studi ini menunjukan bahwa, (1) wacana yang tereksplor dari teks rubrik Tapaleuk menggambarkan realitas lokal masyarakat NTT; (2) sudut/angle yang diambil wartawan dalam konstruksi realitas dalam teks adalah untuk menyoroti individu/kelompok/instansi yang terkait dengan persoalan yang diangkat; (3) kaitan antara realitas mikro/teks dengan realitas makro/masyarakat, dihubungkan/terdapat dalam kognisi waratwan. Di mana dalam proses pemahaman dari hubungan antara kedua kutub tersebut oleh peneliti, ditempuh melalui proses wawancara mendalam dengan wartawan tentang realitas peristiwa yang diangkatnya; (4) konstruksi realitas teks oleh wartawan/editor dari setiap pilihan realitas peristiwa, permasalahan dan atau isu-isu publik lokal yang disorot dalam teks rubrik editorial Tapaleuk merupakan representasi realitas lokal masyarakat NTT.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK 08 / 11 Uka w
Uncontrolled Keywords: isu-isu publik lokal, realitas lokal, bahasa lokal.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Yosef Kurniawan Ukar, 090810244UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRachmah Ida, Dra.,M.Comms.,Ph.DUNSPECIFIED
ContributorRatih Puspa, S.Sos.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Last Modified: 11 Jul 2016 02:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37978
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item