PENGARUH RISK ATTITUDE, RISK PERCEPTION, DAN SUBJECTIVE NORM TERHADAP RISK INTENDED BEHAVIOR DARI RESTORAN MAKANAN YANG TIDAK MEMILIKI SERTIFIKASI HALAL BAGI KONSUMEN MUSLIM, DENGAN VARIABEL MODERATOR RELIGIUSITAS

ROJIB BURHAN WINAHYU, 041141016 (2014) PENGARUH RISK ATTITUDE, RISK PERCEPTION, DAN SUBJECTIVE NORM TERHADAP RISK INTENDED BEHAVIOR DARI RESTORAN MAKANAN YANG TIDAK MEMILIKI SERTIFIKASI HALAL BAGI KONSUMEN MUSLIM, DENGAN VARIABEL MODERATOR RELIGIUSITAS. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-winahyuroj-30019-7.abstr-k.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
gdlhub-gdl-s2-2014-winahyuroj-30019-HALAMANDEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT BAB 1 - BAB 3)
gdlhub-gdl-s2-2014-winahyuroj-30019-fullTEXTBAB1-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT BAB 4 - BAB 6)
gdlhub-gdl-s2-2014-winahyuroj-30019-fullTEXTBAB4-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
gdlhub-gdl-s2-2014-winahyuroj-30019-fullTEXTDAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
gdlhub-gdl-s2-2014-winahyuroj-30019-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Restoran makanan di Jawa Timur beberapa tahun terakhir ini mengalami peningkatan yang signifikan, dimana mereka datang dengan menawarkan berbagai pilihan menu baru dan menarik untuk memuaskan konsumen. Di sisi lain banyak pemberitaan yang berkembang, baik melalui media cetak dan elektronik tentang makanan yang komposisi di dalamnya mengandung komponen-komponen berbahaya bagi kesehatan tubuh maupun termasuk jenis-jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh syariat agama (khususnya bagi Muslim) banyak beredar dan sangat meresahkan. Dimana fenomena ini diperkuat dengan hanya tiga restoran di Jawa Timur yang memiliki sertifikasi halal. Tentunya hal tersebut sangatlah ironis mengingat mayoritas penduduk di Jawa Timur adalah Muslim. Hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan restoran makanan adalah bagaimana perilaku konsumen dalam menghadapi fenomena tersebut. Dimana perilaku konsumen terhadap risiko dipengaruhi dari sikap terhadap risiko (risk attitude), persepsi terhadap risiko (risk perception), norma subjektif (subjective norm) dan perilaku konsumen dalam menghadapi kemungkinan risiko yang akan menimpanya (risk intended behavior) dari restoran makanan yang tidak bersertifikasi halal. Desain penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dangen alat uji statistik Partial Least Square (PLS). Hasilnya ditemukan bahwa risk attitude, risk perception, subjective norm berpengaruh terhadap risk intended behavior. Sedangkan nilai religiusitas seseorang tidak memberikan efek bagi hubungan risk attitude dan risk perception terhadap risk intended behavior.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSM. 01/14 Win p
Uncontrolled Keywords: Risk Attitude, Risk Perception, Subjective Norm, Risk Intended Behavior dan Religiosity.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1188-1295 Religious Ethics
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
T Technology > T Technology (General) > T59-59.2 Standardization
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ROJIB BURHAN WINAHYU, 041141016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorGancar Candra Premananto, Dr., SE.,MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 10 Sep 2016 07:38
Last Modified: 10 Jul 2017 22:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38558
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item