OPTIMALISASI KINERJA OPERASIONAL PADA BISNIS PELABUHAN DENGAN METODE SIMULASI UNTUK MENCIPTAKAN BENEFIT BAGI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT. PELABUHAN INDONESIA III CABANG GRESIK)

KUNTARTOADI TRIWIJUGO, 041043136 – MM (2014) OPTIMALISASI KINERJA OPERASIONAL PADA BISNIS PELABUHAN DENGAN METODE SIMULASI UNTUK MENCIPTAKAN BENEFIT BAGI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT. PELABUHAN INDONESIA III CABANG GRESIK). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-triwijugok-37382-5.abst-k.pdf

Download (934kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
54. 39592.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Optimalisasi kinerja operasional dalam suatu unit usaha sangat penting dilaksanakan supaya unit usaha tersebut dapat berjalan dengan baik dengan peningkatan efisiensi dan efektifitas operasional. Penelitian yang dilakukan di PT. Pelindo III cabang, Gresik divisi operasional, yang mempunyai tiga (3) dermaga, yaitu dermaga Talud Tegak, dermaga Umum, dan dermaga Curah Kering, bertujuan untuk mengetahui prosesproses operasional yang paling optimal dengan metode SimulationArena 10.0 untuk selanjutnya dapat mengetahui keuntungan dan kerugian yang didapatkan perusahaan melalui pemilihan proses-proses operasional yang optimal tersebut melalui analisiscost-benefit. Penelitian ini menganalisis proses-proses yang terjadi di pelabuhan PT. Pelindo III cabang Gresik, dibuatkan modelnya, dan melalui scenario testing didapatkan hasil yang paling optimal. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukan bahwa skenario rekayasa sistem dengan pengaturan (arrangement) pola antrian dengan pemisahan antrian yang menuju dermaga Talud Tegak dalam satu line, sedangkan dermaga Curah Kering dan Dermaga Umum dalam satu line tersendiri, akan mengurangi waktu antrian dari sistem, dibandingkan dengan sistem riil dari operasional pelabuhan. Sedangkan keuntungan dan kerugian yang diterima dengan aplikasi skenario tersebut dapat ditentukan dengan menganalisis cost-benefit yang didapatkan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM.54/15 Tri o
Uncontrolled Keywords: Simulation Arena 10.0, Analisis Cost-Benefit
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
KUNTARTOADI TRIWIJUGO, 041043136 – MMUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorF. A. Handoko Sasmito, MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 21 Oct 2016 20:57
Last Modified: 14 Jun 2017 18:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39592
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item