HUBUNGAN ANTARA LOCUS OF CONTROL DENGAN SELFEFFICACY PEDAGOGIK PADA GURU MATA PELAJARAN DI SMP INKLUSI TAHUN PELAJARAN 2014-2015

AGUSTIA PRITASARI, 111111133 (2016) HUBUNGAN ANTARA LOCUS OF CONTROL DENGAN SELFEFFICACY PEDAGOGIK PADA GURU MATA PELAJARAN DI SMP INKLUSI TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf

Download (854kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
74. 39661.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanyahubungan antara locus of control dengan self-efficacy pedagogik pada guru mata pelajaran. Locus of control adalah keyakinan individu terhadap kemampuannya untuk dapat mengontrol nasibnya (Rotter, 1966). Locus of control memiliki dua orientasi, yaitu: Locus of control internal dan locus of control eksternal. Self-efficacy merupakan keyakinan diri terhadap kemampuan yang dimiliki oleh diri sendiri untuk dapat menghadapi dan menyelesaikan masalah dengan efektif. Self-efficacy pedagogik yaitu sejauh mana seorang guru memiliki keyakinan diri (percaya diri) terhadap kemampuannya untuk dapat meningkatkan pembelajaran siswanya dengan cara membimbing dan mendidik. Pedagogik sendiri memiliki 7 komponen, yaitu:1) Menguasai karakteristik peserta didik, 2) Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, 3) Pengembangan kurikulum, 4) Kegiatan pembelajaran yang mendidik, 5)Memahami dan mengembangkan potensi, 6) Komunikasi dengan peserta didik, 7) Penilaian evaluasi. Peserta penelitian ini adalah 60 guru mata pelajaran di SMP inklusif. Skala IPC-Locus of Control terdiri dari 24 item, digunakan untuk mengukur Pusat Kendali. Sedangkan, self-efficacy pedagogik,yang terdiri dari 59 item, digunakan untuk mengukur variabel self-efficacy pedagogik. Instrumen reliabilitas diuji dengan menggunakan Cronbach Alpha dengan bantuan SPSS 21 For Windows ( = 0,828 untuk pusat kendali dan  = 0,876 untuk skala selfefficacy pedagogik) Instrumen validitas diuji dengan mengguakan validitas isi melalui professional judgement. Hasil korelasi Pearson menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara pusat kendali dengan self-efficacy pedagogik (r = 0,569, p = 0,000 < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan dan sedang antara locus of control dengan self-efficacy pedagogik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.41/16 Pri h
Uncontrolled Keywords: Locus of control, self-efficacy pedagogik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
AGUSTIA PRITASARI, 111111133UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTino Leonardi, M.Si., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 27 Jun 2016 22:21
Last Modified: 14 Jun 2017 18:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39661
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item