GAMBARAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA AKTIVIS ORGANISASI

SUDRAJAT TRIWANDOKO, 110810243 (2016) GAMBARAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA AKTIVIS ORGANISASI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf

Download (793kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2. Psi 44-16 Tri g.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran self-regulated learning pada mahasiswa aktivis organisasi. Mahasiswa, dalam hal ini mahasiswa aktivis harus membagi fokus mereka di tengah perkuliahan dan tugas organisasi yang mereka emban. Mahasiswa mengikuti organisasi untuk berbagai tujuan, diantaranya untuk mengembangkan diri. namun, mereka juga dituntut untuk tetap menjalankan kewajiban mereka sebagai mahasiswa. Mengingat tingginya tuntutan yang dihadapi dalam perguruan tinggi, maka seorang mahasiswa membutuhkan kemampuan yang lebih baik dalam belajar dibandingkan pelajar pada tingkat pendidikan yang lebih rendah. Berdasar penjelasan di atas, peneliti merasa bahwa self-regulated learning penting untuk diaplikasikan oleh mahasiswa. Hal ini dikarenakan dapat membantu mahasiswa dalam proses belajarnya. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan melibatkan tiga subjek penelitian dan tiga orang significant other. Ketiganya merupakan mahasiswa yang menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Ketiga subjek memiliki kegiatan yang sama, yaitu akitivis di masing-masing organisasi yang mereka ikuti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis tematik dengan koding terhadap hasil transkrip wawancara yang telah dibuat verbatim dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap subjek melewati fase dalam self-regulated learning yaitu forethought, performance phase dan self-reflection phase. Namun tidak semua subjek memenuhi semua aspek dalam self-regulated learning. Ada subjek yang tidak memenuhi aspek karena subjek merasa tidak tertarik dalam bidang yang diikuti dan ada pula subjek yang tidak memerlukan evaluasi atas metode belajar yang dipakai sekarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.44/16 Tri g
Uncontrolled Keywords: Self-regulated learning, mahasiswa, aktivis organisasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
SUDRAJAT TRIWANDOKO, 110810243UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRUDI CAHYONO, M.Psi., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 28 Jun 2016 06:32
Last Modified: 28 Jun 2016 06:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39682
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item