UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME WAITER DAN WAITRESS DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN OPERASIONAL FOOD AND BEVERAGE SERVICE DI BEST WESTERN PAPILIO HOTEL

MUHAMMAD SYAHRUL MILASHOVIC, 041310613013 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME WAITER DAN WAITRESS DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN OPERASIONAL FOOD AND BEVERAGE SERVICE DI BEST WESTERN PAPILIO HOTEL. Other thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
164. 39774.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam era globalisasi, khususnya dalam tatanan perekonomian dunia, telah mendorong lahirnya organisasi–organisasi pasar bersama (pasar bebas) artinya setiap negara akan menjadi ajang persaingan bangsa-bangsa lain untuk dapat bersaing diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki keahlian professional. Keahlian professional yang harus diakui pada dasarnya mengandung unsur ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Unsur kiat menjadi salah satu factor utama penentu kadar profesionalan seorang hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri, karena itulah tumbuh suatu ukuran keahlian professional berdasarkan jumlah pengalaman kerja. Berdasarkan Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987, pengertian hotel adalah Salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil. Menurut Lawson, 1976:27, pengertian hotel adalah sarana tempat tinggal umum untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan jasa kamar, penyedia makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran. Food and Beverage Product Department adalah salah satu departemen yang sangat penting di sebuah hotel, karena Food and Beverage Departement bertanggung jawab terhadap pengolahan makanan dan minuman yang di hidangkan kepada tamu yang menginap di hotel ataupun tamu yang hanya berkunjung di outlet Food and Beverage yang ada di hotel. Food and Beverage Product Department selain bertanggung jawab terhadap pengolahan semua makanan dan minuman yang dihidangkan kepada tamu hotel, Food and Beverage dan outlet-outlet dari Food and Beverage juga mempunyai fungsi sebagai penambah pendapatan hotel diluar dari pendapatan penjualan kamar. Karena banyak tamu hotel yang berkunjung ke hotel hanya membeli makanan dan minuman di outlet–outlet Food and Beverage yang berada di hotel tanpa menyewa kamar terlebih dahulu. Demikian juga dengan Food and Beverage yang ada di Best Western Papilio Hotel juga memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak jauh berbeda dengan hotel-hotel lainnya, yaitu sebagai penyedia makanan dan minuman bagi tamu hotel dan juga berfungsi sebagai penambah pendapatan hotel selain dari pendapatan penjualan kamar. Untuk menunjang kelancaran operasional di Food and Beverage Product Department Best Western Papilio Hotel menyediakan peralatan–peralatan modern dan lengkap sesuai kegunaannya. Selain semua peralatan kitchen yang modern dan sangat lengkap, Best Western Papilio Hotel juga mempunyai staff Waiter dan Waiterss yang bertugas sesuai tugas serta tanggung jawab masing-masing dan para staff Waiter dan Waiterss saat melakukan tugasnya harus sesuai dengan Standard Operating Procedure yang ada di Best Western Papilio Hotel. Best Western Papilio Hotel memiliki satu restoran dan dua bar, yaitu Mariposa Restaurant, Swallow Tail Bar dan Bantimurung Bar. Di Mariposa Restaurant menyediakan hidangan traditional yang berisi menumenu penyetan serta menu-menu traditional lainnya. Salah satu menu yang masuk dalam daftar menu saran chef paling laris yaitu Menu Suroboyoan. walaupun bukan satu satunya menu di Mariposa Restaurant tetapi menu ini sangat digemari oleh para tamu yang berkunjung karena keunikan namanya itu sendiri serta kenikmatan rasa yang ditawarkan benar-benar tiada duanya. tak luput pula dari segi pelayanan waiter dan waiterssnya yang professional dalam melayani tamu restaurant yang berkunjung di Mariposa Restaurant, maka dari itu setiap staff Waiter dan Waiterss harus memahami serta menjalankan Standard Operating Procedure yang benar dalam pelayanan terhadap tamu restaurant. Agar tamu bisa nyaman berada di Mariposa Restaurant ataupun di outlet-outlet Food and Beverage yang ditawarkan oleh Best Western Papilio Hotel.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKB KK-2 FV.MP.22/16 Mil u
Uncontrolled Keywords: PROFESIONALISME WAITER; WAITRESS; OPERASIONAL FOOD AND BEVERAGE SERVICE; BEST WESTERN PAPILIO HOTEL
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perhotelan
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMMAD SYAHRUL MILASHOVIC, 041310613013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSedianingsih, Dr.,SE., M.Si., Ak., CA., CMA.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 12 Jul 2016 02:37
Last Modified: 15 Jun 2017 16:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39774
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item