PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG JAHE PADA PAKAN KOMERSIL TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN, EFISIENSI PAKAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

CHAYANTY FAUZIAH, 141111119 (2016) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG JAHE PADA PAKAN KOMERSIL TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN, EFISIENSI PAKAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN NILA (Oreochromis niloticus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
RINGKASAN.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP.39-16 Fau p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan tanaman obat bagi manusia telah dikenal sejak peradaban kuno, tetapi penggunaannya pada ikan masih terbatas. Penggunaan bahan-bahan alami seperti tanaman obat bisa diterima secara luas sebagai feed additive untuk meningkatkan efisiensi pemanfaatan pakan dan pemicu pertumbuhan. Feed additive yang digunakan dalam penelitian ini adalah tepung jahe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung jahe pada pakan komersial terhadap laju pertumbuhan, efisiensi pakan, dan kelangsungan hidup ikan nila (Oreochromis niloticus). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap dengan lima perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah penambahan tepung jahe pada pakan komersil yang berbeda, yaitu P0 (0%), P1 (0,3%), P2 (0,6%), P3 (1,2%), dan P4 (2,4%). Parameter uji utama pada penelitian ini adalah pertumbuhan ikan nila, efisiensi pakan dan kelangsungan hidup ikan nila. Parameter uji penunjang pada penelitian ini adalah kualitas air yaitu: suhu, derajat keasaman (pH), oksigen terlarut dan ammonia (NH3). Hasil penelitian penambahan tepung jahe pada pakan menunjukkan hasil yang berbeda nyata (p<0,05) terhadap laju pertumbuhan spesifik dan efisiensi ikan nila sedangkan penambahan tepung jahe pada pakan menunjukkan hasil yang tidak berbeda nyata (p>0,05) terhadap kelangsungan hidup ikan nila. Laju pertumbuhan spesifik dan efisiensi pakan tertinggi adalah pada P3 (1,2%) dan terendah pada perlakuan P0 (0%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.39/16 Fau p
Uncontrolled Keywords: TEPUNG JAHE; PAKAN KOMERSIL; IKAN NILA (Oreochromis niloticus)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.9-336.5 Fishery processing
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
CHAYANTY FAUZIAH, 141111119UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarno, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorBoedi Setya Rahardja, Ir., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 27 Jul 2016 06:39
Last Modified: 27 Jul 2016 06:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39947
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item